7 Tips Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Kecil

Berwirausaha adalah sebuah kegiatan kreatif dalam rangka mengumpulkan uang atau menghasilkan uang dengan menjual sebuah barang bisa berupa makanan, minuman, perabotan atau yang lain.

Salah satu wirausaha yang paling mudah dilakukan adalah usaha makanan ringan dengan modal kecil. Jenis usaha makanan ringan ini kini banyak dilakukan apalagi bagi mahasiswa, ibu rumah tangga atau karyawan kantor yang memiliki waktu luang.

7 Tips Usaha Makanan Ringan dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bagi kaum muda baik laki-laki maupun perempuan, berwirausaha adalah cara yang efektif selagi menunggu menerima pekerjaan yang baru. Namun, sekarang tak hanya kaum muda, ibu rumah tangga dan pegawai serta bapak-bapak kini mulai tertarik untuk membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil.

Selain itu, dengan berjualan makanan ringan akan mempermudah konsumen dalam membeli sesuatu yang diperlukan jika toko yang menyediakan jaraknya jauh dari rumah. Berikut ini adalah tips usaha makanan ringan dengan modal kecil.

1. Promosi Ke Teman dan Keluarga Dekat

Untuk membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil yang pertama harus Anda lakukan adalah mempromosikan ke teman dekat dan keluarga dekat. Dengan tips ini diharapkan mereka tertarik membeli makanan ringan Anda.

Selain itu, dengan pendekatan melalui teman dan keluarga mereka bisa percaya dengan makanan ringan yang Anda jual selain itu mereka juga akan membantu memasarkan makanan ringan Anda.

2. Jual Makanan Ringan yang Sedang Disukai Khalayak

Menjual makanan ringan usahakan yang sedang menjadi tren dan viral saat ini. Makanan yang sedang tren dan viral saat ini misalnya kue srikaya, boba milk, thai tea, sempol, cireng, seblak dan masih banyak lagi.

Namun, dalam penjualan Anda harus terus up to date dan mengenal waktu kapan makanan ringan itu kira-kira laku keras dan tidak akan laku. Jadi, dengan tips ini Anda harus memiliki peramalan jangka panjang yang baik.

3. Jual Makanan Ringan yang Tidak Mudah Basi

Jika Anda ingin membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil dan baru pertama kali mencoba, ada baiknya Anda menjual makanan ringan yang tidak mudah basi dan masih layak dijual di keesokan hari. Jenis makanan ringan yang mudah awet dan tidak mudah basi seperti makanan kering, roti-roti kering dan keripik.

Baca Juga : 7 Jenis Usaha Jualan Roti Kekinian yang Hits Saat Ini

4. Jual Makanan Ringan Dengan Menggunakan Stand Di Tempat Ramai

Setelah jualan Anda dirasa sudah mulai berkembang dan stabil Anda bisa membuka beberapa stand di berbagai tempat. Selain itu, agar stand penjualan dapat dihandle dengan baik, Anda harus memiliki beberapa karyawan yang bisa dipercaya dan mau berusaha menjual produk makanan ringan Anda.

5. Promosi Melalui Media Sosial

Jika pelanggan atau konsumen sudah semakin banyak, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang baik di media sosial seperti instagram, facebook, whatsapp dan aplikasi lain yang dapat menunjang produk Anda supaya dapat terjual ke seluruh pelosok kota.

6. Menjual Makanan Ringan Yang Ramai Orang

Nah, jika Anda ingin berjualan selain mendirikan stand, Anda harus memperhatikan keramaian. Manfaatkan keramaian dengan menjual barang dagangan atau produk makanan ringan yang Anda miliki.

Jika sudah banyak yang mengenal jenis produk makanan ringan Anda otomatis dimanapun keramaian itu berada dijamin konsumen incaran Anda akan membeli.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Kuliner Sederhana yang Tidak Ada Matinya

7. Menjual Makanan Ringan Dengan Harga di Bawah Standar

Setelah semua media sosial, dan khalayak umum telah ramai dengan produk Anda, saatnya Anda harus berani menjual produk makanan ringan Anda di bawah harga standar dan di bawah harga produk pesaing.

Selain itu Anda juga bisa memberi program diskon setiap waktu yang Anda inginkan. Otomatis mereka akan lebih tertarik dengan harga murah, diskon dan lainnya meskipun dengan kualitas bagus.

Nah, itu tadi beberapa tips usaha makanan ringan dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Selain yang dipaparkan di atas, Anda juga harus banyak bersedekah, karena kunci keberhasilan ada di situ.

Namun, dalam mempraktekkan tips di atas Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan kerugian dalam penjualan. Asalkan metode yang digunakan tepat dan tidak salah dalam merencanakan sesuatu.

Leave a Comment

16 − four =