Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

7 Macam Macam Resiko Usaha yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membuka Usaha

Loading...

Berwirausaha adalah kegiatan menjual suatu produk yang Anda miliki dengan menggunakan ide kreatif dan inovatif yang diharapkan para konsumen mau membeli produk yang Anda miliki dan menjadi pelanggan atau rekan bisnis yang bisa menguntungkan usaha Anda.

Dalam berbisnis ada banyak yang harus Anda hadapi seperti macam macam resiko usaha yang akan Anda geluti. Namun, Anda tidak boleh pantang menyerah, karena jika resiko yang Anda terima tidak Anda selesaikan maka usaha jualan Anda akan gulung tikar.

Dalam membuka usaha tentu ada banyak resiko yang harus ditanggung oleh pemilik usaha yang jika lengah dan tidak bisa menghadapinya akan mengalami gulung tikar. Selain itu, sebelum membuka usaha tentu harus memikirkan apa saja macam macam resiko usaha yang ke depanya akan dihadapi. Di bawah ini ada 7 macam resiko usaha yang akan Anda hadapi ketika membuka usaha, di antaranya adalah sebagai berikut.

Loading...

Macam Macam Resiko Usaha yang Harus Anda Ketahui

1. Resiko Produksi

Produksi adalah proses memproduksi atau membuat barang atau produk yang akan Anda pasarkan. Dalam berwirausaha Anda akan menemui macam macam resiko usaha pada produksi.

Resiko produksi ini adalah suatu peristiwa dimana ketika Anda membuat sebuah produk namun terjadi kendala seperti bahan yang digunakan habis atau mesin yang digunakan rusak. Ketika hal itu terjadi maka akan menghambat proses produksi pada usaha yang sedang Anda rintis.

2. Resiko Pemasaran

Pemasaran adalah proses memasarkan, mengedarkan dan menjual produk yang telah jadi dan siap kemas. Dalam berwirausaha tentu Anda akan menemui beberapa resiko salah satunya adalah resiko pemasaran.

Resiko pemasaran yang akan Anda hadapi seperti pada saat penjualan, produk tidak laku dijual atau tidak ada yang tertarik karena barang atau produk kurang bagus atau kurang berkualitas. Nah dari sinilah pihak pemroduksi membuat inovasi baru dari produk yang dibuat.

Hal ini dimaksudkan agar produk yang akan dijual mau diminati oleh konsumen dan mereka tertarik untuk membeli lagi serta menjadi pelanggan tetap.

3. Resiko Sumber Daya Manusia

Ketika produk yang akan Anda jual dirasa sudah memenuhi standar, maka tinggal Anda jual kepada tiap-tiap toko atau melalui sales marketing. Namun, dalam berwirausaha Anda akan menemui resiko sumber daya manusia.

Loading...

Di mana pada saat itu orang-orang atau konsumen atau yang memiliki toko untuk menjualkan produk Anda tidak mau menerima produk Anda. Selain itu, karyawan yang Anda miliki dalam memproduksi produk Anda tidak ada.

Dalam masalah ini, solusi yang tepat adalah Anda harus tetap menjalin relasi yang baik terhadap setiap distributor, pemroduksi dan penjual yang menjual produk Anda.

4. Resiko Finansial

Dalam berwirausaha, Anda akan menemui macam-macam resiko usaha pada bagian finansial. Resiko ini terjadi ketika modal yang Anda miliki kurang atau Anda mengalami kerugian karena hasil penjualan tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Jika ini terjadi maka, ketika Anda membuka usaha, dalam memproduksi usahakan sedikit demi sedikit atau menunggu produk yang dijual habis terlebih dahulu.

5. Resiko Lingkungan

Lingkungan sangat penting demi lancarnya usaha Anda. Banyaknya pesaing membuat Anda sering gagal dalam berbisnis karena adanya rumor yang beredar dari toko satu ke toko lain yang membuat Anda menjadi kehilangan pelanggan.

6. Resiko Teknologi

Teknologi yang digunakan harus canggih. Canggih di sini maksudnya disesuaikan dengan zaman, agar proses wirausaha Anda bisa berjalan lancar. Agar tidak tertinggal dengan teknologi, maka seorang wirausahawan haru tahu dan up to date dengan perkembangan zaman.

7. Resiko Permintaan Pasar

Seorang pengusaha akan selalu dikejar-kejar order dari pasar jika produk yang dihasilkan bagus dengan kualitas yang bisa diperhitungkan di pasar tersebut.

Nah, itu tadi 7 macam macam resiko usaha yang harus Anda ketahui sebelum membuka usaha. Agar usaha Anda tetap berjalan dengan lancar Anda juga harus memperhatikan resiko yang akan Anda hadapi. Setelah Anda mengetahui resikonya Anda tinggal membuat persiapan matang dalam menghadapi dan membuat solusi yang tepat dalam menyelesaikan resiko yang mungkin akan terjadi tersebut.

Loading...

Leave a Comment

thirteen + four =