Bisnis

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Email Marketing di Tahun 2020

Pinterest LinkedIn Tumblr

Keuntungan Menggunakan Email Marketing – Email marketing adalah salah satu sarana para internet marketer dalam mempromosikan dan menjual produk atau program yang dimilikinya. Metode pemasaran menggunakan email sudah lama digunakan dan tetap digunakan, meski sekarang bermunculan metode-metode marketing yang baru.

Email marketing tetap bertahan ditengah layanan chatting atau situs jejaring sosial lainnya saat ini. Hal ini dikarenakan surat elektronik masih menjadi alat komunikasi yang sering digunakan oleh pemiliknya.

Alasan lainnya adalah, melalui email banyak hal yang dapat diinformasikan kepada orang lain. Sehingga email marketing akan tetap berperan di dunia pemasaran baik bagi bisnis konvensional maupun bisnis yang menjual produk atau program secara tidak langsung.

Nah, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Email Marketing yang juga menjadi alasan tetap digunakannya email marketing selama ini :

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

1. Keep in Touch

Fasilitas email marketing membuat seorang penjual tetap terhubung dengan calon konsumennya secara berkala. Proses keep in touch ini penting, mengingat perhatian dan layanan informasi yang rutin terhadap konsumen akan mampu menggugah ketertarikan mereka terhadap blog atau situs anda. Sehingga menarik minat mereka untuk membeli produk atau program yang anda jual. Melalui email marketing anda akan selalu berhubungan dengan konsumen yang terdaftar.

Bahkan beberapa layanan yang ada memungkinkan anda mengetahui apakah email anda dibaca atau tidak. Dan memberikan informasi berkala kepada konsumen terdaftar menggunakan layanan email marketing berarti anda telah mengikat mereka secara personal, bahkan kepada konsumen yang melakukannya karena iseng.

Sehingga konsumen anda tidak akan lari ke pebisnis lain yang mungkin menjual produk yang sama dengan anda. Mengikat konsumen melalui email marketing berarti pula anda selalu membuka peluang tambah dan tumbuhnya jaringan bisnis yang anda lakukan.

Baca Juga : COBA GRATIS!! Layanan Pengiriman Email untuk Bisnis

2. Promosi Kontinyu

Melakukan email marketing berarti anda sedang melakukan promosi kontinyu kepada banyak orang dalam satu mekanisme. Promosi kontinyu ini juga berarti memastikan jumlah pertumbuhan konsumen dan menjaga pada batas minimal. Bila dibandingkan dengan metode pemasaran yang lain, email marketing menjamin tersalurkannya informasi kepada sejumlah orang.

Sedangkan metode pemasaran yang hanya mengandalkan informasi melalui blog atau situs hanya akan sampai pada orang yang berkunjung setiap waktunya. Selain itu, menggunakan email marketing memudahkan anda dalam melakukan pemetaan segmentasi konsumen, sehingga informasi dan promosi yang anda lakukan tepat sasaran. Kontinuitas promosi tentu membuka peluang omset penjualan yang lebih besar dan tinggi.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Traffic Melalui Google Ads

3. Reminder

Email marketing yang anda lakukan adalah reminder atau pengingat bagi konsumen. Karena informasi tersebut tersimpan di dalam email masing-masing konsumen, sehingga memudahkan mereka dalam mencari informasi yang dibutuhkan sewaktu-waktu.

Meski tidak semua informasi yang anda berikan mereka butuhkan pada waktu itu, tetapi dengan layanan email gratis serta fasilitas ruang penyimpanan yang besar, jarang konsumen yang membuang email yang dia terima.

Sehingga email marketing yang anda berikan dapat menjadi cadangan informasi bagi konsumen anda. Kemudahan informasi yang anda berikan, akan dapat meningkatkan ikatan konsumen dengan program email marketing yang anda lakukan sehingga peluang peningkatan penjualan semakin terbuka lebar.

Karena anda telah mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas konsumen. Dan hal tersebut semakin membuka peluang anda untuk “menyingkirkan” kompetitor bisnis produk atau program yang sama. Melakukan pemasaran melalui email marketing juga memudahkan konsumen dalam mencari informasi. Karena dalam hal ini konsumenlah yang didatangi bukan mendatangi situs anda.

Baca Juga : Rekomendasi Layanan Email Marketing Indonesia

Demikianlah tadi diantaranya beberapa keuntungan menggunakan Email Marketing. Selain ketiga hal di atas, pemasaran melalui email juga termasuk pemasaran berbiaya murah sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan anggaran yang anda miliki.

Hanya saja menggunakan email marketing mengharuskan anda untuk berinovasi terhadap materi informasi yang anda miliki selain judul subjek email yang menarik. Agar email yang anda kirim tidak terlewat.

Write A Comment

one × five =