6 Hal Penting Meningkatkan SEO Website yang Anda Harus Tahu

Bagi Anda yang notabennya merupakan pemilik suatu website atau blog, tentu salah satu pencapaian yang Anda ingin lakukan adalah memiliki blog yang bisa rank di halaman pertama Google.

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan semua itu?

Nah, untuk mendapatkan blog yang bisa berada di rank pertama Google, yang Anda harus lakukan adalah memastikan SEO Website Anda sudah tepat. Ada beberapa hal penting SEO Website yang Anda harus tahu dan disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda. So, lets check these out!

Beberapa Hal Penting Untuk SEO Website

1. Install plugin Yoast SEO

Install plugin Yoast SEO

Sebelum Anda menginstal plugin Yoast SEO mungkin Anda ingin tahu apa sih pentingnya Yoast SEO ini?

Jadi Yoast SEO ini merupakan suatu plugin yang perlu digunakan untuk membantu mempermudah pengaturan SEO artikel baik itu meta deskripsi, keyword, gambar, outbound dan internal linking serta masih banyak lagi lainnya.

Yoast SEO akan memberikan suatu analisa tentang bagaimana subheading digunakan dalam artikel Anda sampai dengan panjangnya artikel seperti apa. Sehingga Anda tidak perlu mengecek kelengkapan konten secara manual yang menjadikan proses penerapan teknik SEO di konten Anda jauh lebih bisa diselesaikan lebih cepat.

2. Tambahkan website di Google Search console

Apa itu Google Search Console? Jadi, Google Search Console merupakan sebuah platform gratis untuk pemilik website dalam melakukan monitoring tentang seperti apa kinerja website di ranah organic Google.

Melalui Google Search Console ini, Anda sangat berkemungkinan dalam mencari tahu domain yang akan memberi suatu linking ke website Anda. Anda juga bisa tahu bagaimana kinerja website Anda di perangkat mobile sampai dengan analisis halaman website dengan traffic yang harus diusahakan paling tinggi.

3. Pasang Google Analytics di website Anda

Pasang Google Analytics di website Anda

Hal penting lainnya tentang SEO website yang Anda harus perhatikan adalah penggunaan Google Analytics di website Anda. Jika Google Search Console memiliki fungsi utama untuk memeriksa performa dari sebuah website di hasil pencarian, maka Google Analytics memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasi perilaku bagi pengunjung website.

Melalui fitur Google Analytics ini Anda bisa mengetahui pergerakan dari pengunjung di halaman pertama yang dikunjungi sampai di halaman apa mereka menutup website Anda.

Dengan fitur Google Analytic ini juga Anda bisa tahu halaman mana yang paling banyak menghasilkan konversi dari pengunjung dan halaman mana yang kurang maksimal konversinya.

4. Buatlah sitemap di website Anda

Bagi Anda yang masih belum paham tentang sitemap, disini saya akan menjelaskannya untuk Anda. Jadi sitemap merupakan daftar isi semua halaman website yang bisa diakses oleh pengunjung dan mesin pencari.

Melalui sitemap ini, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung di mesin pencari dan juga akan lebih cepat terindeks. Sitemap juga dapat memberitahu mesin pencari ketika terjadi suatu perubahan mengenai struktur dari website itu sendiri.

Membuat sitemap pada website termasuk sebuah teknik SEO dasar dimana peranannya sangatlah penting. Anda akan temukan sebanyak 2 jenis sitemap dalam SEO website yaitu sitemap XML dan sitemap HTML.

Sitemap XML merupakan sitemap yang diakses oleh mesin pencari. Sementara sitemap HTML merupakan sitemap yang dapat diakses oleh pengunjung. Keduanya sangat penting Anda buat dan Anda perhatikan dalam kaidah SEO website Anda.

5. Jangan lupakan riset keyword

Jangan lupakan riset keyword

Tidak melakukan riset keyword sebelum Anda membuat konten merupakan sebuah kesalahan yang sangat fatal bagi pemilik website atau blog. Melalui riset keyword, Anda akan dibantu dalam menemukan kata kunci yang relevan bagi pengunjung website Anda.

Dalam melakukan riset, terdapat sebanyak lima indikator dalam riset keyword yang Anda harus perhatikan. Lima indikator tersebut diantaranya volume pencarian, saran kata kunci, SERP, search intent dan pastinya tingkat kesulitan keyword tersebut.

6. Maksimalkan internal link dalam website Anda

Selain eksternal link atau outbound link yang Anda harus perhatikan dalam website Anda, Anda juga perlu memperhatikan internal link karena internal link ini memegang peran yang sangat penting dalam optimasi SEO.

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Internal link ini akan membantu mesin pencari untuk memahami perihal konteks dan hubungan antar halaman di website Anda.

Anda harus tahu bahwa Google sangat mengutamakan website yang isi kontennya saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain yang ditunjukkan dengan keterkaitan internal link didalamnya.

Itulah beberapa hal penting SEO website yang Anda harus tahu dan terapkan untuk mengoptimasi website Anda lebih baik lagi. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda khususnya yang sedang belajar membuat website yang potensial masuk di rank pertama Google. Selamat mencoba.

Leave a Comment

eleven − 4 =