4 Peran Seorang Mentor Bagi Para Pebisnis Muda

Peran Seorang Mentor – Berbicara mengenai bisnis, tidak akan ada matinya, karena di era digital kali ini bisnis semakin maju pesat. Banyak sekali pebisnis muda yang sudah melangkah menjalankan ide bisnis yang dimilikinya. Sehingga menjadikan persaingan di Dunia bisnis semakin ketat. Oleh karena itu, bagaimana cara Anda untuk bertahan dan terus maju mengembangkan bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Menjadi pebisnis sukses tentu tidak akan terjadi dalam waktu cukup singkat. Ada banyak sekali kendala yang akan menguji keawetan bisnis Anda. Meskipun ada banyak rencana yang Anda nilai akan berhasil, nyatanya banyak sekali hal tidak direncanakan yang justru terjadi. Terutama bagi Anda pebisnis muda yang baru mengawali bisnis, motivasi Anda memang paling mengagumkan.

Namun, Anda belum mempunyai pengalaman bisnis yang memadai. Oleh karena itu, Anda perlu orang lain yang bisa menjadi mentor atau pemandu bisnis Anda yang akan mengantarkan bisnis tersebut menuju puncak keberhasilan.

Pentingkah peran seorang mentor? Tentu saja Anda akan membutuhkannya. Sebab dengan didampingi oleh seorang mentor yang mampu menuntun Anda dalam berbisnis, Anda akan memiliki banyak manfaat yang dapat menjadi pedoman saat menjalankan bisnis. Apa saja peran seorang mentor bagi pebisnis? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mentor Membagikan Pengalaman Bisnis yang Beri Inspirasi

Mentor adalah orang yang telah lama terjun ke dunia bisnis. Mentor memiliki banyak sekali pengalaman hidup dalam berbisnis yang dapat memberikan Anda inspirasi. Anda bisa belajar banyak hal dari pengalaman hidupnya.

Anda bisa mempelajari strategi bisnis yang mentor lakukan dalam bisnisnya. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk bertanya banyak mengenai rahasia berbisnis secara detail. Anda akan mendapatkan ilmu yang tidak dapat Anda pelajari lewat buku-buku bisnis.

2. Mentor Akan Membimbing Langkah dalam Berbisnis

mentoring pendaki gunung
Image by Tumisu from Pixabay

Ibarat sebuah pendakian gunung, sebagai orang yang tidak tahu jalan menuju puncak gunung, Anda pasti memerlukan seorang pemandu. Jika Anda berangkat sendiri, tanpa seorang pemandu Anda kemungkinan akan hitang, terseat, jatuh ke jurang, atau waktu tempuh Anda menjadi lebih lama sebab Anda tidak tahu medan atau jalan menuju puncaknya.

Sedangkan jika Anda meminta pertolongan pemandu, Anda dapat dikawal hingga ke puncak dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Pemandu dapat membawa Anda ke jalan yang lebih mudah dilalui. Perjalanan juga terasa lebih ringan sebab ada orang yang dapat diajak mengobrol.

Begitu pula dengan berbisnis, sebagai pemula dalam dunia usaha, Anda perlu orang yang lebih pengalaman untuk menunjukkan bisnis Anda. Mentor bisnis dapat menuntun Anda dalam membuat gagasan rencana bisnis, dapat diajak berdiskusi, dan dapat memberikan masukan berharga untuk perjalanan bisnis dari awal hingga sukses.

3. Mentor Punya Relasi Bisnis yang Banyak

Mentor Anda telah lama berkecimpung di dunia bisnis, Dia telah memiliki banyak kenalan dan menjalin relasi bisnis dengan banyak orang. Relasi bisnisnya beragam, mulai dari sesama teman pengusaha, investor yang menanamkan modal usaha, pejabat pemerintahan yang bersangkutan dengan regulasi bisnis, dan sebagainya.

Pastinya, Anda akan memerlukan relasi bisnis untuk pertumbuhan bisnis Anda. Jika hubungan Anda dengan mentor sangat akrab, tentu dia tidak akan dengan sendirinya menyerahkan kontak relasi bisnis yang Anda butuhkan. Dari situ Anda punya akses untuk berkenalan dengan orang-orang penting di dunia bisnis.

4. Peran Seorang Mentor Akan Memotivasi di Masa Sulit

Mentor Akan Memotivasi di Masa Sulit
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Tidak ada pebisnis yang tidak pernah melakukan kekeliruan dan merasakan kegagalan. Mentor Anda juga punya pengalaman pahit dalam berbisnis. Dia dapat memotivasi Anda dan memberikan masukan pada masa sulit dalam berbisnis. Anda yang kehilangan semangat, bisa termotivasi jika ada orang lain yang memberikan dukungan.

Anda mungkin punya pasangan, orang tua, dan kawan yang peduli akan hidup Anda. Namun, pandangan mereka belum pasti relevan dengan kondisi Anda saat ini. Terutama jika orang-orang terdekat Anda tersebut tidak mempunyai latar belakang sebagai pebisnis. Sehingga Anda memerlukan mentor yang mengetahui tantangan dan perjuangan jatuh-bangun merintis usaha.

Nah, itulah peran seorang mentor bagi pebisnis, khususnya bagi pebisnis muda yang baru mengawali usahanya. Jadi, bergabunglah dengan komunitas bisnis yang ada di kota Anda, hingga Anda dapat berkenalan baik dengan pebisnis senior yang mau menjadi mentor Anda. Selamat mencoba dan sukses.

Leave a Comment

three × 5 =