Jika saat ini Anda masih berpikiran bahwa digital marketing bukan hal yang berpengaruh untuk bisnis Anda, maka Anda salah besar karena semakin lama jumlah iklan yang tayang semakin besar dan hal tersebut berarti bahwa sudah banyak orang yang mulai mengenal tentang digital marketing.

Lantas, tidakkah Anda ingin menjadi bagian dari digital marketing yang sangat menguntungkan? Atau Anda masih bertanya – tanya digital marketing apa pentingnya?

Agar Anda tidak salah paham tentang digital marketing dan sekaligus bisa memahami perihal pentingnya digital marketing itu sendiri untuk bisnis Anda, maka disini kami akan berikan informasi selengkapnya tentang digital marketing untuk Anda.

Pentingnya Digital Marketing

1. Menghubungkan Anda dengan banyak orang di internet

2 Menghubungkan Anda dengan banyak orang di internet

Masyarakat yang menggunakan internet itu banyak banget. Hampir 95% masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet dan melakukan berbagai aktivitas dengan internet, termasuk berbelanja. Bahkan 80% komsumen yang belanja online adalah anak muda dan wanita (Sumber ; Kompas.com)

Alasannya simple. Masyarakat di era digital sekarang ini lebih suka sesuatu yang tidak mengharuskannya keluar rumah. Mereka cenderung suka dengan segala sesuatu yang instan, termasuk soal berbelanja. Karena itu jangan heran jika 70% kegiatan belanja pengguna internet dilakukan melalui internet alias dengan cara online.

Karena itu bagi Anda yang memang ingin memulai untuk berbisnis, menjalankan bisnis Anda dengan memanfaatkan internet sangat dianjurkan. Anda bisa menjangkau sangat banyak orang penduduk internet dan sekaligus memperluas target market Anda.

2. Menjadikan kegiatan bisnis lebih hemat

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu kegiatan bisnis yang sangat cocok dijalankan dalam rangka membantu pemilik usaha tidak hanya menghasilkan generasi atau konsumen baru, melainkan juga dapat membantu menghemat pengeluaran usaha untuk melakukan promosi.

Bayangkan saja bagaimana jadinya jika seorang pengusaha tidak mengenal dan melakukan kegiatan internet marketing. Pastinya mereka harus mengeluarkan banyak dana untuk pamflet, mencetak brosur, dan yang lainnya untuk dibagikan kepada khalayak ramai.

Lantas, apakah trik marketing yang semacam ini efektif? Belum tentu! Orang yang diberikan informasi tentang usaha melalui brosur atau pamflet belum tentu orang yang butuh produk tersebut dan belum tentu membelinya.

Sementara orang yang diberi brosur atau pamflet tersebut pastinya jumlahnya terbatas. Sementara melalui internet, banyak orang yang bisa dijangkau dan orang yang klik iklan biasanya orang yang memang tertarik dengan produk yang ditawarkan sehingga target bidikan atas iklan yang dipasang pun lebih jelas dibandingkan marketing konvensional atau marketing offline.

3. Mengaktifkan layanan pelanggan secara real time

Pemasaran digital menawarkan adanya sebuah mekanisme respon terhadap konsumen atau pelanggan secara lebih real time. Dampaknya bagi keberhasilan usaha tentu akan semakin besar.

Anda sebagai pebisnis mampu memberikan jaminan kepuasan bagi pelanggan lebih baik lagi dan bisa mempertahankan pelanggan yang memang sudah mempercayakan semuanya kepada Anda.

4. Menghasilkan daya jual yang tinggi

 Menghasilkan daya jual yang tinggi

Melalui digital marketing, Anda bisa menjangkau lebih banyak khalayak yang sudah Anda targetkan sebelumnya. Anda pun bisa menghasilkan lead atau prospek dan mencapai peningkatan konversi penjualan mencapai 24%.

Dengan adanya mekanisme digital marketing, jalan upaya pemasaran yang lebih baik dan lebih menguntungkan mampu Anda dapatkan.

Baca : Konten Marketing yang Tingkatkan SEO Website di Tahun 2020

5. Menjaga posisi Anda terhadap pesaing

Ada banyak merek atau brand dan sekaligus pemilik usaha saat ini yang saling bersaing melalui campaign digital marketing atau kampanye pemasaran digital. Mulai dari usaha kecil sampai dengan usaha skala besar sudah menjangkau target market mereka melalui digital marketing ini.

Para pengusaha pun memanfaatkan aneka ragam channel termasuk PPC, display dan juga penggunaan sosial media untuk mewujudkan keinginan mendapatkan target market yang luas.

6. Membantu usaha bersaing dengan perusahaan besar

Pemasaran Digital tak hanya akan membuat posisi usaha Anda sejajar dengan pesaing. Akan tetapi digital marketing juga memungkinkan Anda untuk bersaing secara head to head dengan merek dan juga berbagai macam perusahaan besar tanpa perbedaan apapun.

7. Menyiapkan usaha di era internet of things (IoT)

Menyiapkan usaha di era internet of things

Tahun 2020 ini diperkirakan sebagai tahun dengan 26 miliar gadget, smartphone, tablet, kacamata, jam tangan, sepatu dan berbagai peralatan lain yang saling terhubung satu sama lain didalam ekosistem online secara global yang nantinya akan membentuk suatu era internet of things (IoT).

Itulah berbagai hal penting tentang digital marketing yang Anda harus tahu dan pahami. Di era digital ini, pastikan usaha Anda sudah memanfaatkan komponen digital marketing untuk menunjang pemasaran digital yang dilakukan.

Write A Comment

sixteen − one =