Bisnis

5 Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam ulasan kali ini kita akan mempelajari mengenai peluang usaha rumahan yang cocok dikerjakan oleh Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Apa saja peluang usaha tersebut? Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Usaha Rumahan Bisnis Kyaraben

Apa itu kyaraben? Kyaraben berasal dari Japan, dan kyaraben berasal dari singkatan karakter ben atau bento berbentuk karakter. Kyaraben adalah kotak makan yang ditata dan dibentuk sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai sebuah karakter atau sebuah tokoh.

Biasanya yang dicontoh adalah tokoh karton atau hewan-hewan lucu. Nah, bisnis kyaraben ini benar-benar menjanjikan dan menggiurkan. Ditambah lagi bisnis ini akan menjadi bisnis menyenangkan bagi ibu rumah tangga, karena sesuai dengan hobi ibu-ibu yakni, memasak.

Kyaraben biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 25-50 rb, tergantung dari keunikan, ukuran, dan bahan makanan apa saja yang digunakan.

2. Bisnis Handicraft dari Kain Flanel

Banyak cerita dari ibu-ibu yang sukses menjalankan bisnis ini mengenai peluang pemasarannya, masih cukup menjanjikan. Bagaimana jika kita masih pemula? Tenang saja, namanya bisnis jika kita masih belum mampu membuatnya bisa menjadi reseller atau dropship terlebih dahulu. Anda bisa mencari distributor atau pengrajin kain flanel disekitar tempat tinggal Anda, kemudian jalin kerjasama dengan mereka.

Meskipun jadi reseler, keuntungannya pun masih menjanjikan. Bentuk karakter yang khas, serta keunikan dari kain flanel ini banyak digemari, bukan hanya dari kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Sekarang sudah benyak sekali hasil produk dari kain flanel tidak hanya boneka saja melainkan juga berupa tas, gantungan kunci, gantungan ponsel, sepatu bayi, maupun kotak tisu. Nah, banyak sekali produknya, jadi peluang bisnis ini wajib digaris bawahi.

3. Bisnis Tanaman Hidroponik

bisnis usaha sampingan tanaman hidroponik
Gambar oleh 家志 刘 dari Pixabay

Hidroponik adalah metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan larutan mineral bernutrisi, atau bahan lainnya seperti serabut kelapa, pasir, serat mineral.

Tanaman hidroponik bisa dilakukan kecil-kecilan dirumah sebagai suatu hobi atau secara besar-besaran sebagai komersial. Beberapa tanaman yang dapat di lakukan menggunakan metode hidroponik diantaranya, brokoli, sawi, bayam, tomat, dan strawberry.

Harga sayur hidroponik dibandrol 4-5 kali lipat dari harga sayur biasanya pada pasar traditional. Hal ini, dikarenakan sayuran hiodroponik dinilai lebih higienis, lebih segar, dan tanpa adanya unsur pupuk kimia yang berbahaya. Nah, cukup menjanjikan kan? Jika dilihat dari bandrolan harga dan minat masyarakat Tanah Air saat ini.

4. Bisnis Kue Kering

Tidak diragukan lagi, usaha kue kering adalah peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Karena banyak sekali kisah sukses orang-orang yang terjun dalam bisnis kue kering. Bahkan omsetnya saja bisa mencapai miliaran rupiah.

Pada hari-hari biasa, memang penjualan kue kering tidak setinggi pada hari-hari besar. Nah, disinilah yang harus kita maksimalkan. Kita harus membranding bahwaanya orang ingat kue kering ingat bisnis kita.

Sehingga pada saat menjelang lebaran, banyak sekali pebisnis dadakan yang menjual produk kue kering, kita tidak perlu khawatir untuk kehilangan pelanggan. Karena beberapa bulan sebelumnya kita sudah punya brand yang kuat sebagai penyedia kue kering.

5. Berjualan Produk Kecantikan

Menjalankan bisnis kecantikan untuk ibu rumah tangga saat ini memang memiliki prospek menjanjikan dan keuntungan lumayan besar. Tak lain hal itu disebakkan kebutuhan para wanita ingin tampil cantik dan menarik. Sehingga usaha kecantikan mengalami perkembangan pesat di Indonesia, sebagai contoh B Erl Cosmetic.

Pasarnya pun masih sangat terbuka luas, jika Anda tertarik menjalankan bisnis produk kecantikan, jangan bimbang mengenai modal. Modal kecil atau minim bukan merupakan suatu hambatan bagi pebisnis. Anda bisa menjadi dropship atau reseller terlebih dahulu di B Erl Cosmetic. Mengenai pemasarannya, Anda bisa maksimalkan media sosial yang Anda miliki, di Facebook atau Instagram.

Nah, dari beberapa peluang usaha rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang dibahas dalam ulaan diatas, bisa Anda jadikan referensi untuk menjalankan suatu bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang tinggal di desa maupun di kota. Memang membutuhkan kerja keras dan doa untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba tipsnya.

Write A Comment

17 − four =