Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

9 Khasiat Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut & Cara Pakainya

Loading...

Banyak orang yang sudah merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah sejak berabad-abad lalu. Cara pemakaian minyak zaitun yang alami menjadi pilihan orang jaman dulu untuk tampil dengan rambut yang lembut, berkilau, dan kuat serta kulit wajah yang indah.

Sekarang, manfaat ini sudah dibuktikan melalui beberapa studi. Juga dibarengi dengan dipakainya minyak zaitun sebagai bahan untuk membuat sampo, kondisioner, dan beberapa produk perawatan rambut dan wajah.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas secara detail apa saja manfaat dan bagaimana cara menggunakan minyak zaitun khusus untuk kesehatan rambut.

Loading...

Kegunaan, manfaat, dan cara pemakaian minyak zaitun yang benar

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Berikut adalah kegunaan minyak zaitun sekaligus cara memakai minyak zaitun yang benar:

1. Minyak zaitun sebagai kondisioner untuk melembapkan dan membuat rambut berkilau

Dalam studi-studi tentang minyak zaitun ditemukan bahwa minyak zaitun mengandung unsur kimia berupa asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Semua itu adalah amolien yang memiliki kualitas sebagai pelunak.

Dan kini, amolien ini menjadi salah satu bahan dalam sampo, pomade, dan conditioner. Tapi amoliennya versi laboratorium ya?

Studi tentang khasiat minyak zaitun untuk rambut memang tergolong masih sedikit. Tapi dari sedikit yang ada itu ditemukan studi yang membuktikan bahwa minyak zaitun ampuh difungsikan untuk menjaga kelembaban dan menguatkan batang rambut.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa membuat rambut berkilau karena kemampuannya dalam menghaluskan kutikula yang ada di luar rambut.

Loading...

Nah, dari sedikit ulasan tentang manfaat minyak zaitun tersebut, apakah Anda tertarik mencobanya? Supaya rambut Anda mendapatkan perawatan alami dan bebas dari bahan kimia.

Kalau Anda mau coba memakai minyak zaitun pada rambut, sebaiknya lakukan langkah ini dulu:

  1. Ukurlah minyak zaitun yang akan Anda pakai. Kalau belum pernah pakai, maka cobalah dengan ukuran awal 1-2 sendok makan. Tapi ini disesuaikan dengan ketebalan dan ukuran panjang rambut masing-masing orang.
  2. Kalau Anda ingin merawat seluruh rambut dari bagian kulit kepala, batang, akar, dan ujung rambut secara menyeluruh. Maka seperempat cangkir minyak zaitunlah yang Anda butuhkan.
  3. Pada saat mengusapkan ke seluruh bagian rambut, lakukanlah pijat rambut. Pijatlah minyak ke bagian dalam secara menyeluruh dalam beberapa menit. Jika kulit kepala kering, pastikan untuk memijatnya sampai kulit kepala.
  4. Pakilah shower cap untuk membungkus rambut. Kalau tidak ada pakai kresek biasa boleh asal tertutup sempurna.
  5. Agar meresap, diamkan selama sekitar seperempat jam atau 15 menit.
  6. Sisir rambut pakai sisir yang giginya lebar.
  7. Keramas menggunakan sampo seperti biasa. Bilas dengan teliti.
  8. Keramas dua kali sepertinya diperlukan tergantung seberapa minyak zaitun yang digunakan.

Perawatan rambut ini bisa Anda lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu.

2. Khasiat minyak zaitun untuk rambut tebal

Fungsi minyak zaitun buat rambut tebal dan kering sudah tidak diragukan. Minyak ini bisa melembapkan sekaligus menguatkan rambut yang tebal.

3. Minyak zaitun dan rambut bercabang

Kegunaan Minyak Zaitun Olive Oil

Minyak zaitun bisa digunakan untuk membantu menghaluskan ujung rambut yang rusak dan terbakar. Caranya adalah dengan mengusapkan minyak zaitun ke 5 cm ke atas dari rambut yang rusak.

Kemudian pijat bagian kulit kepala sampai ke ujung. Meskipun Anda hanya merawat bagian ujungnya karena bercabang, bagian atas tetap perlu mendapat perhatian.

4. Kegunaan minyak zaitun bagi kutu rambut

Salah satu khasiat minyak zaitun bagi rambut adalah untuk menghilangkan kutu. Meski efektivitasnya tak sebaik minyak lain, tapi tetap perlu dicoba.

Jangan lupa untuk menggunakan sisir yang tepat saat mengaplikasikan minyak ke rambut. Agar Anda bisa yakin bahwa kutu di rambut sudah rontok semua bersama sisir tersebut.

5. Manfaat minyak zaitun untuk rambut berketombe

Banyak hal yang menyebabkan munculnya ketombe, salah satunya adalah jamur. Salah satu solusi masalah ketombe akibat jamur ini adalah minyak zaitun.

Cara pemakaian minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe adalah dengan memijitkannya ke kulit kepala kemudian serpihan ketombenya disisir.

Agar minyak zaitun dapat meresap dengan baik dan membagi nutrisinya buat kulit, tutuplah kepala menggunakan shower cap setelah memakai minyak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dan perasan air lemon. Gunakan campuran ini sebagai olesan di rambut, diamkan beberapa menit.

Kemudian Anda bisa membilas rambut menggunakan sampo atau keramas seperti biasa. Dengan cara ini, ketombe akan hilang secara perlahan.

6. Menguatkan rambut

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Bagus

Cara pemakaian minyak zaitun untuk menguatkan rambut adalah dengan mencampurkannya dengan kuning telur. Kemudian oleskan campuran tersebut ke rambut.

Asam lemak, vitamin, dan kandungan protein bisa menguatkan folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat secara menyeluruh.

Anda bisa melakukannya sekali dalam seminggu saja untuk mendapatkan rambut bebas rontok.

7. Melembutkan rambut

Jika rambut Anda rentan dengan kerapuhan dan kasar, maka Anda bisa menggosokkan minyak zaitun ke sepanjang rambut. Tujuannya adalah untuk melembutkan, menghaluskan, dan mengurangi rambut kusut.

8. Membuat rambut mudah diatur

Manfaat minyak zaitun buat rambut berikutnya adalah mudah diatur. Cara memakai minyak zaitun pada rambut adalah dengan mengoleskan minyak panas ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama setengah jam.

Cara pemakaian minyak zaitun ini bisa menghasilkan rambut yang bagus dan mudah ditata meskipun rambut Anda ikal.

9. Memanjangkan rambut

Kegunaan minyak zaitun buat rambut salah satunya adalah bisa mempercepat proses pemanjangan rambut lho. Minyak zaitun dapat menghilangkan kelebihan / penumpukan sebum. Sementara sebum bisa menghambat pertumbuhan folikel rambut baru dan pertumbuhannya secara menyeluruh.

Tips memilih dan mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah

Dari sekian banyak kegunaan minyak zaitun bagi rambut di atas, ada yang perlu Anda perhatikan. Yakni jenis minyak zaitun yang Anda pakai untuk perawatan.

Dewasa ini, banyak sekali jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran. Dan untuk perawatan seperti ini, jenis minyak yang disarankan adalah yang extra virgin olive oil.

Ini merupakan jenis minyak terbaik yang bisa digunakan karena tidak mengandung zat aditif yang tidak diinginkan.

Pastikan Anda memilih minyak zaitun yang organik, murni, tidak dimurnikan, non transgenik, dan berkualitas tinggi.

Harganya memang lumayan ya? (Baca : Produk Air Mawar yang Bagus) Tapi jika beli yang murah maka bisa jadi minyak tersebut tidak murni dan sudah tercampur dengan jenis minyak lainnya. Agar aman, selalu periksa label kemasan sebelum membeli.

Atau Anda bisa mencium baunya ketika membeli. Jika asli, bau minyak zaitun yang segar dan khas pasti masih tercium. Ada bau rumput dan dedaunan di sana.

Saat dirasakan juga ada rasa rumput, buah, dan dedaunan dengan rasa yang segar. Tetapi saat ditelan, rasanya agak pahit. Jadi, wajar jika Anda akan batuk setelah menelannya.

Ada juga yang mengetes keaslian extra virgin olive oil dengan cara memasukkannya ke dalam lemari es. Ketika dimasukkan ke dalam lemari es, minyak zaitun asli biasanya akan terlihat tebal dan keruh.

Namun, ada yang tidak setuju dengan cara terakhir ini. Salah satu cara untuk meminimalkan kemungkinan Anda membeli yang palsu adalah melihat kemasan dengan detail. Apakah benar-benar 100% extra virgin oil atau bukan.

Setelah mendapatkannya, Anda bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut dengan lebih bebas. Hasil fungsi minyak zaitun yang diberikan juga akan lebih optimal jika Anda menggunakan yang asli.

Loading...

Leave a Comment

three × two =