Sampai detik ini ada banyak orang yang ingin membangun toko online akan tetapi masih bingung cara membangunnya seperti apa. Hal tersebut menjadikan pada akhirnya banyak orang yang ragu untuk mulai melangkah dan berakhir pada kondisi mengurungkan niat untuk memulai.

Padahal sebenarnya sebuah bisnis tidak akan pernah bisa ada dan berkembang jika kita tidak memulainya dan mengusahakannya. Lantas, bagaimana cara membangun toko online untuk bisnis online yang bisa diterapkan pemula?

Mengenai hal tersebut, kita akan membahasnya selengkap mungkin dalam informasi di bawah ini. Simak terus informasinya ya…

Cara Membangun Toko Online Untuk Bisnis Online

1. Kenali dulu konsumen

Kenali dulu konsumen

Hal pertama yang Anda harus perhatikan dalam membangun toko online untuk bisnis online Anda adalah mengenali konsumen Anda terlebih dahulu. Jangan sampai Anda punya produk namun Anda masih tidak paham produk Anda tersebut akan ditujukan untuk siapa.

Anda harus tahu nantinya produk Anda akan ditujukan untuk konsumen anak – anak, milenial ataukah kelompok konsumen dewasa atau bahkan orang tua. Jika target market bidikan sudah Anda tahu, dengan demikian Anda bisa menyuguhkan promosi atau desain dan user experience (Pengalaman Pengguna) yang memang sesuai dengan segmentasi pasar toko online Anda.

Dengan begitu bisa dipastikan bahwa segala kegiatan promosi dan pengenalan produk yang Anda lakukan tidak akan berseberangan dengan segmentasi pasar Anda.

2. Menentukan produk yang tepat untuk dijual online

Karena segmentasi Anda adalah menjangkau orang dari berbagai wilayah atau daerah, atau bahkan pulau maka yang Anda harus lakukan adalah memastikan produk yang Anda jual tidak cepat basi karena terkendala dengan proses pengiriman.

Lantas, produk apa saja yang tepat untuk dijual online?

Ada beberapa produk yang relevan untuk dijual secara online karena produk tersebut merupakan produk yang tidak cepat basi dan dicari oleh banyak orang, diantaranya :

  • Produk fashion baik fashion pria atau wanita
  • Produk kecantikan, seperti Produk Air Mawar yang Bagus
  • Produk makanan ringan yang tidak cepat basi
  • Produk makanan frozen yang tahan lama
  • Produk pelangsing herbal
  • Rangkaian bunga artificial atau bunga kain yang banyak dicari untuk kado dan wisuda

Produk – produk seperti itu sangat cocok dijual online karena segmentasi pasarnya luas, banyak orang yang membutuhkan dan mencarinya secara online serta sekaligus produk tersebut tidak mudah basi.

3. Carilah supplier terbaik dari segala sisi

Carilah supplier terbaik dari segala sisi

Setelah Anda tahu produk apa yang akan Anda jual, tahapan berikutnya yang Anda harus lakukan adalah mencari supplier atau pemasok atas produk yang akan Anda jual tersebut. Pastikan bahwa kualitas, harga dan servis dari pemasok memang mampu menunjang usaha yang akan Anda jalankan.

Hal ini menjadi suatu bagian yang sangat penting Anda perhatikan jika Anda khususnya memang bukan memproduksi produk Anda sendiri. Akan tetapi jika Anda merupakan pabrik atau produsen dari produk Anda sendiri, maka hal ini tak perlu pusing Anda pikirkan.

Anda cari saja bahan baku terbaik dan memiliki banderol harga yang oke kemudian produksi produk Anda seoptimal mungkin. Akan tetapi jika Anda menjual produk hasil produksi dari pihak lain, maka aspek supplier ini tak boleh Anda kesampingkan karena akan sangat menentukan arah dan ritme pasar Anda nantinya.

4. Jangan melupakan promosi

Dalam menjalankan usaha apapun, proses mengenalkan produk itu menjadi suatu hal yang sangat penting. Promosi merupakan aspek penting untuk Anda lakukan. Dengan promosi, akan semakin banyak pihak yang mengenal produk dari usaha Anda.

Lantas, dimana Anda bisa melakukan promosi untuk mengenalkan produk Anda?

Ada banyak tempat yang Anda bisa gunakan untuk melakukan promosi. Bagi Anda yang sedang merintis usaha baru dan Anda tentunya masih belum punya terlalu banyak dana untuk beriklan, Anda bisa melakukan promosi tanpa biaya yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

Susun konten – konten yang keren, berbobot, menarik dan kemudian sebarkan. Gunakan kalimat – kalimat yang santai dan bersahabat sehingga pembaca akan lebih mudah mengerti atas apa yang Anda sedang sampaikan.

Jika kemudian di tengah perjalanan Anda sudah punya website sendiri dan Anda ingin mengalihkan kegiatan jual beli dari sosial media ke website Anda, maka sertakan link konten di akun sosial media Anda.

Hal ini sangat penting untuk membantu Anda menyelamatkan data customer dan menjadikannya sebagai kegiatan follow up. Hal tersebut sekaligus berpotensi menjadikan customer melakukan repeat order jika memang ia sebelumnya sudah pernah membeli produk dari Anda.

5. Tetap memanfaatkan e-commerce marketplace

Tetap memanfaatkan e-commerce marketplace

Walau pada akhirnya Anda sudah punya toko online sendiri dan juga aktif mempromosikan produk melalui akun sosial media, tetap saja Anda harus memanfaatkan e-commerce marketplace.

Anda bisa memanfaatkan berbagai situs toko online ternama seperti Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, Shopee dan yang lainnya. Situs – situs tersebut pastinya akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Pelanggan pun akan lebih mudah menemukan Anda dimana saja.

Dari kegiatan diatas, Anda sudah bisa membangun toko online untuk bisnis online Anda. Customer yang menguntungkan pastinya bisa Anda dapatkan darisana. Usahakan semaksimal mungkin toko online Anda agar cepat maju dan berkembang.

Write A Comment

eighteen − five =