5 Cara Menjalankan Bisnis dengan Modal Kecil

Loading...

Keterbatasan modal usaha sering menjadi hambatan seseorang untuk mengawali sebuah bisnis. Namun, Bisnis dengan modal kecil tidak boleh menjadi alasan Anda untuk menunda kemauan untuk mulai berbisnis sendiri.

Tidak seluruh bisnis perlu modal yang besar. Banyak pebisnis sukses yang memulai usahanya dengan modal kecil. Masih banyak ide bisnis yang menjanjikan dan dapat dibuka dengan modal beberapa juta saja.

Walau mempunyai modal yang terbatas, Anda masih bisa mendirikan sebuah bisnis kecil secara perlahan-lahan. Kuncinya ialah dengan mengelolanya secara tepat dan sabar dalam menjalankan prosesnya.

Loading...

Penasaran dengan tipsnya? Nah, berikut ada beberapa tips jitu sukses menjalankan bisnis dengan modal kecil yang dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan. Simak ulasan lengkapnya.

Bisnis dengan modal kecil

1. Pilih Bisnis yang Perputaran Uangnya Cepat

Sebaiknya, Anda menjalankan bisnis yang perputaran dananya cepat, supaya bisa cepat balik modal. Biasanya, bisnis yang menawarkan produk kebutuhan pokok manusia ialah jenis bisnis dengan perputaran dana yang cepat. Sebab produknya sudah tentu dibutuhkan banyak orang untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya, produk franchise makanan, minuman, dan pakaian.

Namun, jenis bisnis ini tidak semuanya sukses. Sebab pasti banyak pebisnis lain yang juga menjual produk yang sama dan serupa. Persaingannya akan menjadi lebih ketat. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik ide bisnis yang kira-kira menguntungkan, serta buatlah strategi pemasaran yang ampuh untuk menarik konsumen.

2. Berbisnis Sesuai Modal

Jumlah modal usaha menjadi penentu bisnis yang dijalankan. Semakin besar modalnya, semakin Anda leluasa dalam mengembangkan bisnisnya. Namun, modal yang minim juga tidak menjadi masalah bagi pebisnis pemula. Nikmati proses berbisnis dari hal kecil dan belajar untuk mengembangkannya.

Misalnya, saat ini modal Anda terbatas dan tertarik berbisnis online. Anda tidak harus mempunyai website toko online sendiri, sebab membutuhkan biaya untuk pembuatannya dan menyewa domain serta hosting. Namun, Anda dapat mulai menjual produk Anda lewat media sosial yang gratis, atau menjualnya melalui situs marketplace seperti bukalapak, shoope, lazada, atau tokopedia.

3. Coba Cari Pinjaman

Anda dapat menutupi kelemahan modal usaha dengan mencari pinjaman. Ada banyak cara untuk memperoleh pinjaman. Entah ke kerabat dekat, koperasi, ataupun bank.

Loading...

Jangan ragu untuk meminjam modal, karena pinjaman untuk bisnis tergolong jenis utang yang produktif dan akan menghasilkan. Asalkan, Anda mengelola pinjaman dengan baik dan sedikit menyisihkan penghasilan untuk menyicil utang, hingga utangnya dapat segera terlunasi.

4. Kelola Bisnis Sendiri

Selagi Anda dapat mengelola bisnis sendiri, lebih baik tidak merekrut pekerja untuk membantu Anda dalam menjalankannya. Ini merupakan cara untuk menghemat pengeluaran.

Namun, jika memang Anda memerlukan tenaga bantuan, Anda dapat mencari pekerja part-time atau freelance saja. Sebab biaya untuk gaji tidak sebesar jika Anda memperkerjakan karyawan full-time.

5. Jagalah Kualitas Bisnis

Meski menjalankan bisnis kecil, Anda tetap harus menjalankan secara profesional. Bangun keyakinan konsumen dengan menjaga terus kualitas bisnis Anda dalam segala aspek. Mulai dari kualitas produk dan pelayanan pelanggan harus diperhatikan.

Jangan sampai Anda membuat konsumen kecewa dan kehilangan kepercayaan. Selalu berikan yang terbaik supaya bisnis Anda dapat merebut hati konsumen dan menghasilkan banyak penjualan.

Itulah tips jitu sukses menjalankan bisnis kecil dengan modal minim yang dapat Anda lakukan. Walaupun modalnya terbatas, Anda dapat memulai bisnis sendiri dan mengembangkannya menjadi bisnis yang besar.

Bisnis dengan modal minim pasti bisa mengantakan Anda menuju kesuksesan jika bisnis dikelola dengan tepat. Selamat mencoba dan sukses selalu

Loading...

Leave a Comment

9 + 6 =