Bisnis Info

9 Peluang Usaha Sampingan di Desa yang Bisa Dijalankan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuai kesuksesan. Bagi Anda yang merupakan seorang warga desa dan ingin mendapatkan kesuksesan walau hidup di desa, Anda bisa mengubah nasib dengan memulai berbisnis.

Ada banyak kok usaha sampingan di desa modal kecil yang Anda bisa jalankan. Yang paling penting adalah Anda menekuni usaha tersebut dan berusaha mengembangkannya. Jangan hanya berpangku tangan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa bisnis menjadi salah satu pintu terbaik untuk mendapatkan penghasilan.

Lantas, apa saja peluang usaha sampingan di desa modal kecil yang bisa dijalankan? Kami akan ulas informasi menariknya untuk Anda disini!

Peluang Usaha Sampingan di Desa Modal Kecil

1. Usaha ternak lele

bibit unggul lele

Sedang cari usaha sampingan di desa dalam bidang ternak namun yang tidak butuh modal besar? Ternak ayam kampung butuh modal besar, pun begitu dengan ternak kambing.

Nah, Anda yang sedang mencari usaha sampingan di desa modal kecil dalam bidang ternak, maka usaha ternak lele bisa jadi andalan Anda. Anda tak butuh lahan luas untuk beternak lele. Anda pun tidak harus menyediakan kolam untuk beternak lele. Baca : 6 Cara memulai Peluang Usaha Ternak Lele

Namun Anda bisa beternak lele dengan memanfaatkan drum sehingga tak butuh lahan luas namun Anda tetap bisa menjalankan usaha ini. Mengenai modalnya, Anda tidak butuh modal sampai jutaan rupiah kok.

Namun Anda cukup siapkan modal sekitar 500 ribu rupiah saja dan Anda sudah bisa menjalankan usaha ternak yang sangat menguntungkan ini. Menjualnya pun sangat mudah. Anda bahkan bisa menjual ke pemasok di pasar atau dimanapun.

2. Usaha tani menjual sayuran organik

Usaha tani menjual sayuran organik

Selain usaha ternak, usaha di bidang pertanian juga sangat menguntungkan. Usaha sampingan di desa modal kecil di bidang pertanian yang bisa dicoba adalah menjual sayuran organik.

Sayuran organik adalah jenis sayuran yang lebih fresh terlebih jika kita bandingkan dengan sayuran non organik yang ada di kota. Bahkan sekarang banyak masyarakat kota yang memilih membeli sayuran organik karena dinilai lebih sehat. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.

Dengan berbisnis sayuran organik, Anda tidak hanya berpotensi mendapatkan keuntungan dari penjualan di desa, melainkan Anda juga bisa melebarkan sayap penjualan Anda di daerah kota. Media tanamnya pun sangat beragam. Baca : 5 Cara Memulai Usaha Pertanian Bagi Pemula Agar Sukses

Anda bisa menanam sayuran organik dengan memanfaatkan pipa – pipa yang dilubangi seperti model saat ini. Dengan media tanam yang semacam ini, Anda pun tak harus memiliki lahan yang luas karena bahkan halaman rumah Anda saja cukup untuk Anda manfaatkan.

3. Usaha warung kelontong

Usaha warung kelontong

Jenis usaha sampingan di desa yang satu ini tak asing lagi. Usaha warung kelontong tak akan pernah ketinggalan atau kehilangan peminat. Selama yang Anda jual adalah barang – barang kebutuhan sehari – hari seperti beras, gula dan yang lainnya maka warung kelontong akan menjadi suatu peluang usaha yang sangat Anda cari.

Keberadaannya pun sangat membantu warga sekitar yang malas belanja jauh – jauh. Untuk memulai usaha ini Anda bisa menggunakan bagian depan rumah sebagai tempat usaha. Tak perlu Anda membangun toko lebih dulu.

Coba saja Anda gunakan sedikit space di rumah untuk menjalankan usaha ini. Siapkan saja almari kaca dan rak untuk meletakkan barang dagangan. Pastikan dalam mencari toko grosir, Anda belanja di toko grosir yang mau memberikan harga miring supaya untung yang Anda dapatkan juga lebih besar dan Anda bisa menawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko saingan Anda.

4. Bisnis perlengkapan pertanian

Peluang Usaha Sampingan di Desa Modal Kecil

Karena di desa masih banyak sawah dan kebun, maka usaha sampingan menjual berbagai macam perlengkapan pertanian akan menjadi salah satu ide usaha sampingan yang cocok di desa. Anda bisa menjual bibit tanaman, obat tanaman, pupuk, berbagai alat pertanian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan menjalankan usaha ini, warga desa yang berprofesi sebagai petani atau yang memiliki lahan pertanian tidak akan kesulitan membeli perlengkapan dan peralatan pertanian yang dibutuhkan.

Baca : 5 Ide Peluang Investasi Pertanian Bisa Dicoba Masyarakat Desa

5. Berjualan pulsa elektrik dan kuota

Tentu Anda semua tahu bahwa pengguna handphone tidak hanya masyarakat kota. Warga desa pun sudah punya handphone dan karena itu kebutuhan atas kuota internet dan pulsa sangat meningkat. Bahkan pembelian pulsa dan kuota internet sudah seperti pembelian bahan pokok dimana orang akan merasa sangat butuh dua item penunjang kegiatan internetan tersebut.

6. Usaha mendirikan pangkas rambut

Usaha mendirikan pangkas rambut

Bisnis lain yang tak kalah populer dijalankan di pedesaan adalah pangkas rambut. Sebenarnya untuk menjalankan usaha yang satu ini Anda tak perlu punya keahlian pangkas rambut.

Di desa, sebagian besar pemilik bisnis pangkas rambut khususnya pangkas rambut pria banyak yang tidak punya keahlian pangkas rambut. Yang penting bagi mereka adalah menyediakan tempat dan menggunakan jasa orang lain yang punya keahlian pangkas rambut namun belum punya tempat menjalankan usaha. Sehingga sistem bagi hasil pun bisa dilakukan.

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan keuntungan dan memberikan lapangan pekerjaan juga bagi orang lain. Agar bisnis Anda semakin dikenal, promosi sangat penting Anda lakukan. Anda bisa menggunakan sosial media untuk melakukan promosi.

7. Menjual aneka gorengan

Anda bisa mulai mengambil peluang ini untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah. Anda pun bisa berjualan gorengan di rumah atau menitipkannya di warung – warung.

Agar Anda bisa bersaing dalam bisnis gorengan ini, Anda bisa buat inovasi atas produk yang Anda hasilkan baik dari segi bentuk atau dari segi rasa. Dengan begitu gorengan Anda akan lebih mudah menguasai hati target market Anda.

8. Menjual aneka minuman

Satu lagi ide usaha sampingan di desa yang Anda bisa jalankan yaitu menjual aneka minuman. Anda bisa menjual aneka minuman segar dingin atau aneka minuman hangat. Jika Anda merasa tidak punya keahlian khusus meracik minuman, Anda bisa meracik minuman dari aneka minuman sachet aneka rasa yang Anda kreasikan dengan topping tertentu dan berikan nama yang menarik. Pasti usaha Anda akan laku keras.

9. Bisnis fashion dan produk kosmetik

Bisnis fashion dan produk kosmetik

Gaya hidup masyarakat desa di era globalisasi sekaligus era digital sekarang ini tidak seperti dulu. Jika dulu masyarakat desa tidak peduli soal penampilan, sekarang masyarakat desa juga sama seperti masyarakat kota yang sangat peduli penampilan.

Karena itu bisnis fashion dan produk kosmetik pun bisa diterapkan di desa. Namun jika Anda ingin apa yang Anda jual mampu bersaing dan menguasai pasar, baiknya Anda jual produk fashion yang fashionable namun juga ramah di kantong warga desa.

Pun begitu dengan produk kosmetik. Baiknya Anda jual produk kosmetik yang tidak terlalu mahal namun kualitasnya juga oke agar konversi penjualan Anda juga meningkat. Syukur – syukur kalau Anda bisa punya banyak reseller untuk memberikan tingkat penjualan terbaik pada bisnis Anda.

Itulah berbagai peluang usaha sampingan di desa modal kecil yang bisa dijalankan. Anda yang ingin menjalankan usaha di desa bisa menjalankan salah satu usaha diatas karena selain cocok dijalankan di desa, modalnya juga tidak terlalu besar. Selamat mencoba!

Write A Comment

thirteen − six =