Ide Peluang Usaha Ternak Bekicot dalam Drum di Tahun 2020

peluang usaha ternak bekicot

Mungkin banyak orang yang meremehkan ide menjalankan peluang usaha ternak bekicot. Padahal sebenarnya peluang usaha budidaya yang satu ini peluang keuntungannya sangat besar. Permintaan pasar atas bekicot sedang besar – besarnya karena bekicot merupakan salah satu komoditi yang banyak dicari untuk dijadikan sebagai obat dan kecantikan.

Banyak perusahaan besar yang mencari bekicot untuk dijadikan bahan utama obat dan produk kecantikan mereka. Untuk itu Anda yang menjalankan peluang usaha ternak bekicot sangat berpotensi besar menjadi pemasok bekicot bagi perusahaan besar.

Lantas, bagaimana cara menjalankan ternak bekicot? Tentu saja Anda harus tahu ilmunya dulu untuk ternak bekicot dan berikut ini kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda.

Ide Peluang Usaha Ternak Bekicot dalam Drum

1. Pembibitan bekicot

pembibitan bekicot

Sebelum Anda menjalankan ide peluang usaha ternak bekicot dalam drum, baiknya Anda tahu dulu jenis bekicot yang bisa Anda ternakkan itu apa saja. Karena tidak semua jenis hewan bisa dikembangbiakkan tentu saja.

Jenis bekicot yang bisa diternakkan ada dua yaitu Achatina fulica dan Achatina variegata. Bekicot jenis itu dapat ditemukan di sekitar rumah jadi Anda hanya perlu kumpulkan bekicot liar di lingkungan sekitar saja. Biasanya bekicot jenis itu sering muncul di lahan yang memiliki kondisi lembab dan sejuk misalkan semak – semak, kebun pisang atau pun kebun kelapa.

Untuk mendapatkan calon bibit indukan yang baik Anda harus memilih bekicot yang sehat dan tidak memiliki cacat secara fisik dengan berat antara 75 sampai dengan 100 gram.

2. Perhatikan persiapan kandang

Cara budidaya bekicot dalam drum yang selanjutnya adalah menyiapkan kandang. Sama halnya dalam persiapan tempat tinggal, Anda perlu tahu lingkungan yang nyaman bagi hewan ternak. Untuk bekicot tempat tinggal yang cocok adalah lingkungan yang cenderung lembab.

Selain Anda bisa menggunakan drum, kandangnya bisa menggunakan kaca atau plastik. Yang paling penting Anda harus memiliki saluran udara yang baik, memiliki penutup atap, memiliki kondisi tanah yang lembab, teduh dengan suhu udara antara 25 derajad celcius sampai dengan 30 derajad celcius.

Mengenai ukuran drum atau kandang yang digunakan, wajib bagi Anda untuk menampung bekicot secara baik agar bekicot dapat berkembang secara sempurna. Pastikan dalam memilih wadah juga menggunakan wadah yang mudah dibersihkan.

3. Perhatikan proses perkawinan bekicot

proses perkawinan bekicot

Untuk mengembangbiakkan diri, bekicot berkembang biak dengan cara kawin. Secara umum, bekicot akan mulai melakukan perkawinan di usia 6 sampai dengan 7 bulan. Ketika ingin melakukan proses perkawinan, bekicot akan mencari lokasi yang aman untuk bertelur.

Anda tak harus membuatkan suatu tempat khusus untuk bertelur. Jadi setelah proses perkawinan bekicot berlangsung, bekicot akan mengeluarkan telur kurang lebih 50 sampai dengan 100 butir dengan ukuran tak lebih dari 2 mm.

Telur – telur tersebut akan menetas pada waktunya tiba yaitu kurang lebih di 2 sampai dengan 4 minggu kemudian. Proses yang dilakukan bekicot untuk menetas berjalan dengan alami dan tanpa diperlukan bantuan apapun dari induknya.

Ketika telur bekicot menetas ia akan berbentuk anak cangkang. Selama proses telur bekicot menetas sampai dengan menjadi anakan tak bisa dilepaskan dari kondisi lingkungannya di kandang. Kondisi kandang atau drum yang lembab harus dipenuhi.

Belum lagi iklim dan cahaya juga harus cukup untuk bisa mempercepat proses penetasan dari telur bekicot tersebut. Hal tersebut juga sangat penting diperhatikan dalam menjalankan peluang usaha ternak bekicot.

4. Pemberian makan

Berikutnya pemberian makan bekicot juga menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Memberikan pakan berkualitas secara teratur akan sangat berpengaruh pada kualitas daging bekicot. Karena untuk meningkatkan mutu pakan Anda, Anda bisa tambahkan makanan berupa buah – buhan dan aneka dedaunan semisal daun mentimun, daun sawi, daun bayam atau bahkan daun pepaya.

5. Pelaksanaan panen bekicot

proses panen bekicot

Setelah semua proses ternak dilalui, tentu saja masa yang akan sangat ditunggu – tunggu oleh peternak adalah masa panen. Bekicot sudah bisa masuk proses panen di usia 5 sampai dengan 8 bulan. Untuk bekicot yang sudah siap panen, ia memiliki ukuran dengan cangkang 8 sampai 10 cm.

Proses panen bekicot bisa menggunakan cara mengumpulkannya didalam peti kayu atau memanfaatkan kotak kardus. Sebaiknya Anda hindari menggunakan karung goni sebagai wadah bekicot karena akan mengakibatkan kulit bekicot terluka dan cangkangnya pecah.

Setelah bekicot Anda kumpulkan, kemudian Anda cuci bekicot dengan air bersih sampai benar – benar bersih. Kemudian diamkan selama lebih dari 2 hari tanpa Anda berikan pakan untuk menghilangkan kotorannya.

Itulah cara menjalankan peluang usaha ternak bekicot dalam drum untuk pemula yang Anda harus tahu. Selamat mencoba dan semoga sukses. Jalankan semua prosedurnya dengan tepat agar budidaya bekicot lancar dan bisa panen dengan hasil yang melimpah.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =