8 Tips Cara Promosi Di Facebook Yang Mudah Dijalankan

8 tips cara promosi di facebook yang mudah dijalankan

Cara Promosi di Facebook – Media sosial memang bisa membantu Anda untuk melakukan promosi penjualan produk atau penawaran jasa. Ada banyak pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan murah. Salah satu platform media sosial yang bisa digunakan untuk promosi adalah Facebook.

Media sosial ini memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga beragam dan bisa digunakan secara bersamaan. Tentu saja Anda harus memperhitungkan layanan apa saja yang bisa disesuaikan dengan penawaran atau promosi untuk produk Anda. Cara promosi di facebook ini dilakukan untuk mendapatkan efek yang lebih baik dan jangkauan yang lebih luas lagi.

Berbagai fitur yang ditawarkan melalui Facebook memiliki ketentuan yang harus ditaati. Apalagi ini juga berlaku saat Anda melakukan promosi atau pengenalan produk melalui Facebook. Kemudahan akses hingga layanan gratis menjadi pertimbangan yang mungkin cukup menguntungkan.

Namun, Facebook juga menyediakan pilihan skema layanan berbayar yang akan membantu Anda untuk melakukan promosi. Masing-masing dari fitur dan layanan itu bisa Anda kuasai dengan sangat mudah. Berikut ini ada 8 tips cara promosi di facebook yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan.

8 tips cara promosi di facebook yang bisa dicoba

1. Membuat Akun Fanpage

Tips promosi lewat facebook dimulai dengan membuat akun fanpage. Akun ini memang dikhususkan untuk bisnis produk tertentu. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan layanan akun seperti ini. Salah satunya adalah jumlah followers yang tidak dibatasi, layanan pesan singkat, posting berbagai konten dan lainnya.

Seluruh dari fitur ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk melakukan promosi hingga peningkatan penjualan produk. Sebenarnya tampilan dari akun fanpage ini hampir mirip dengan akun personal.

Namun, Anda bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas tanpa harus dibatasi dengan jumlah pengikut. Semakin banyak jumlah followers Anda maka akan lebih mudah melakukan promosi.

2. Membagikan Status Promosi

Teruslah membagikan status promosi berisi rincian produk hingga keterangan harga pada kolom status. Anda juga bisa memanfaatkan status itu dalam waktu yang cukup cepat. Hindari penggunaan status yang berlebihan dengan jumlah posting yang terlalu banyak.

Facebook akan melakukan tindakan pemblokiran akun karena dianggap spam. Status dari promosi yang Anda berikan juga bisa dikomentari oleh para pengikut akun fanpage. Bahkan, Anda juga bisa membalas seluruh komentar dengan sangat mudah. Hal yang harus Anda perhitungkan tentu saja dengan memberikan bahasa marketing yang sederhana dan mudah dipahami.

Jangan membuat status promosi yang terlalu panjang karena itu membosankan.

3. Ikut Aktif Dalam Grup

ikut aktif di grup facebook

Pilihan dari tips cara promosi di facebook lainnya adalah dengan ikut aktif dalam berbagai grup. Facebook memiliki layanan tambahan yaitu grup. Layanan grup ini bisa diikuti banyak akun personal dengan jumlah yang tidak terbatas. Bahkan, Anda sendiri juga bisa membuat grup khusus yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk Anda.

Mulailah aktif di banyak grup promosi atau grup yang memiliki kategori sama dengan jenis produk Anda. Anda bisa membagikan informasi yang bermanfaat dan dibarengi dengan promosi produk Anda. Selain itu, mintalah ijin dari admin grup untuk melakukan promosi dari produk Anda.

Semakin banyak jumlah grup yang Anda ikuti maka jangkauan yang didapat juga lebih luas dan menguntungkan. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan gratis.

4. Membagikan Konten Foto atau Video Produk

Melalui akun personal dan fanpage Anda bisa memposting banyak konten foto dan video. Ini adalah peluang yang besar untuk mengenalkan produk Anda dengan sangat mudah. Seluruh konten yang Anda posting sebaiknya berkaitan dengan produk yang dijual.

Anda bisa membuat album foto khusus yang berisi jenis atau pilihan produk dengan rincian harga. Selain itu, tampilkan juga konten video yang melibatkan produk Anda. Mungkin Anda bisa membuat review produk yang dijual dengan tampilan dan kemasan yang unik.

Konten video yang Anda posting di facebook bisa dipantau dengan mudah melalui jumlah viewers. Ini akan menjadi evaluasi bagi Anda untuk menentukan konsep promosi yang ideal.

5. Menggunakan Fitur Marketplace

Facebook juga menawarkan fitur khusus untuk melakukan penjualan produk. Fitur atau layanan ini disebut dengan Facebook Marketplace.

Sebenarnya tampilan dari fitur ini hampir mirip dengan ecommerce yang memudahkan Anda untuk posting produk dan menyertakan rincian harga. Keuntungan lain yang Anda dapatkan tentu saja bisa dengan mudah untuk dibagikan agar dilihat oleh relasi atau jaringan pertemanan Anda di Facebook.

Semakin sering Anda melakukan posting di fitur Marketplace ini tentu saja akan membuat orang lain mudah untuk melihat. Buatlah tampilan foto produk yang elegant agar pengguna facebook lainnya tertarik. Fitur Marketplace ini bisa diintegrasikan dengan akun personal Anda.

6. Melakukan Promosi Secara Personal

promosi lewat fb messenger

Fitur di Facebook yang bisa Anda gunakan lainnya yaitu layanan pesan singkat atau Messenger.

Layanan seperti ini hampir sama dengan aplikasi chat. Anda bisa berkomunikasi dengan teman Anda melalui akun personal atau mengirimkan pesan singkat kepada followers Anda. Mulailah menawarkan produk dengan rincian yang sederhana.

Kirimkan juga foto produk terbaru agar orang lain juga tertarik untuk membelinya. Layanan ini juga akan memudahkan Anda untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diberikan oleh calon pelanggan. Ini akan membuat Anda bisa berkomunikasi agar calon pelanggan tidak bingung terhadap produk yang ditawarkan.

Hindari pengiriman pesan singkat yang terlalu berlebihan. Hal ini bisa dianggap spam oleh Facebook.

7. Membuat Kompetisi atau Gimmick

Tips lain untuk melakukan promosi terhadap produk yang Anda jual sebenarnya bisa melalui gimmick. Cobalah membuat kompetisi yang unik dengan melibatkan seluruh followers atau teman Anda.

Cara seperti ini untuk membuat followers Anda menjadi komunitas yang memiliki potensi besar. Kompetisi yang dibuat itu sangat sederhana dan menawarkan hadiah dari produk yang Anda jual. Misalnya saja dengan membuat kompetisi foto dengan produk Anda atau membuat review tentang produk Anda. Tambahkan persyaratan dengan menjadi followers Anda terlebih dahulu di fanpage.

Semakin banyak orang yang tertarik maka jumlah followers Anda di fanpage tentu saja akan bertambah. Peluang ini akan menguntungkan Anda dalam melakukan promosi untuk jangka panjang.

8. Menggunakan Iklan Berbayar Facebook

Facebook menawarkan layanan iklan berbayar kepada para penggunanya. Layanan iklan ini bisa mempromosikan postingan Anda hingga akun fanpage Anda.

Cara pengaturan iklan ini akan sangat efektif dan menguntungkan. Apalagi Anda bisa menentukan target khalayak dengan mudah hingga pilihan demografi yang dibutuhkan untuk penjualan produk. Misalnya saja iklan produk Anda bisa muncul di halaman facebook untuk pengguna jenis kelamin tertentu atau usia yang dibatasi.

Biaya iklan yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan jangkauan iklan itu dengan durasi. Semakin luas jangkauan iklan dan tampilan yang lebih lama biasanya akan membutuhkan budget iklan cukup besar.

Itulah 8 Tips Cara Promosi Di Facebook mudah-mudahan Artikel ini bisa membantu Anda dalam berpromosi usaha Anda khususnya di Facebook.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =