Jenis & 8 Manfaat Lulur Susu untuk Memutihkan Wajah dan Badan

Susu memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang penting dan baik untuk tubuh. Meminum susu menjadi pilihan sehat bagi tubuh dan kulit.

Cleopatra bahkan sudah menemukan cara cantik memakai susu berabad-abad yang lalu. Dia minum dan mandi susu untuk menjaga kecantikan kulitnya dari luar dan dalam.

Nah, dewasa ini, pemanfaatan susu untuk kecantikan juga mengalami perkembangan. Bukan mandi susu, karena sepertinya akan ribet dan butuh biaya yang cukup banyak. Tapi Anda bisa merasakan manfaat lulur susu.

Cara ini terbilang cukup murah, bisa dibuat sendiri di rumah, mudah, dan simpel. Ingin coba?

Kenali jenis dan manfaat lulur susu untuk memutihkan wajah dan badan

 

manfaat lulur susu untuk kulit

Secara umum, susu memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit kering / melembabkan, menenangkan kulit dari iritasi, mencerahkan kulit yang gelap, dan mengangkat sel kulit mati lalu menggantinya dengan yang baru.

Nah, berikut adalah kandungan dan manfaat lulur susu untuk kulit yang cantik:

Kandungan susu dan manfaatnya

Dalam susu terdapat banyak sekali nutrisi, di antaranya adalah:

  1. Vitamin A: membantu proses pembelahan sel baru yang lebih sehat dan bisa merawat kulit kering, bersisik, serta mengelupas.
  2. Vitamin D: membantu peningkatan produksi kolagen agar kulit tetap elastis dan kenyal, memperlambat proses munculnya garis halus dan kerutan. Kulit terlindungi dari radikal bebas yang bisa jadi faktor penuaan dini. Bintik atau flek hitam dan jerawat memudar, bahkan hilang. Alhasil, kulit bisa awet muda dan lebih bercahaya secara alami.
  3. Vitamin B6: sangat diperlukan dalam pembentukan sel kulit baru. Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.
  4. Biotin: agar kulit selalu sehat, tidak layu, dan kering. Membantu proses pembaruan sel agar kulit pecah dan kering bisa lembab dan halus.
  5. Protein: untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan. Membuat kulit lentur bebas kerutan.
  6. Vitamin B12: menghaluskan kulit kasar dan tidak rata, mencerahkan, menghilangkan bekas jerawat.
  7. Asam laktat: sebagai agen anti – radikal bebas, membantu kulit agar bisa kenyal dan awet muda, dan sebagai pelembab untuk perawatan kulit yang kering.
  8. Kalsium: membuat lapisan kulit paling atas, meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas, dan melawan radikal bebas.
  9. Kalium: membantu mengatasi masalah kulit yang kering dan gatal salah satu caranya dengan bertindak sebagai pelembab.
  10. Magnesium: agar kulit muda dan bercahaya. Juga sebagai agen anti-aging.
  11. Selenium: sebagai agen anti radikal bebas, membantu menjaga kulit agar elastis dan kencang, pelindung dari sinar UV dan paparan sinar matahari. Alhasil, kulit akan sehat dan awet muda.

 Manfaat susu untuk wajah dan kecantikan kulit

manfaat lulur susu untuk wajah dan badan

Dari kandungan-kandungan yang dibahas di atas, beberapa manfaat susu di bawah ini bisa Anda dapatkan:

1. Mencerahkan kulit
Cantik memang tidak harus putih. Tapi banyak wanita di Indonesia yang tetap ingin kulitnya cerah dan putih meski kulit aslinya adalah sawo matang.

Dari paparan kandungan dan manfaat susu di atas, diketahui bahwa susu punya manfaat untuk mencerahkan kulit dan menjaga wajah tetap merona segar.

Anda bisa memanfaatkan lulur susu di bagian yang rawan gelap, khususnya di daerah lipatan. Di antara adalah daerah kewanitaan, ketiak, lipatan lutut bagian belakang, siku bagian depan, leher, dll.

2. Membuat kulit halus, lembut, dan wangi
Manfaat lulur susu berikutnya adalah membuat kulit lebih halus, lembut, dan elastis. Aroma yang ada di dalam susu yang bisa membuat kulit menjadi wangi atau harum.

Manfaat wangi ini sangat cocok untuk menghilang bau tidak sedap tubuh, lho!

3. Meremajakan kulit
Salah satu manfaat susu untuk wajah adalah untuk membuatnya terlihat awet muda karena susu bisa meremajakan kulit. Susu secara umum bisa membantu meregenerasi kulit sehingga bisa didapatkan kulit baru.

4. Menyembuhkan jerawat
Jerawat tak hanya ada di wajah saja. Dia bisa muncul di bagian tubuh lainnya, misalnya punggung. Nah, Anda bisa menghilangkan jerawat ini dengan masker susu atau membuat lulur.

Anda bisa mendapatkan manfaat lulur susu untuk menghilangkan jerawat pada bagian tubuh atau wajah yang Anda mau.

5. Menutrisi kulit
Nutrisi yang ada di dalam susu sebagaimana tercantum di atas bisa memberikan apa yang kulit Anda butuhkan. Mulai dari mencerahkan, menangkal radikal bebas, menjaga elastisitas, dll.

6. Mencegah penuaan dini
Adalah hal yang wajar jika semakin tua dan bertambah usia ada banyak kerutan di kulit wajah dan gelambir di kulit badan kita.

Meski demikian banyak wanita yang menganggap garis halus, keriput, atau kerutan di wajah sebagai sebuah momok yang harus segera dihilangkan. Harus ada usaha perlawanan agar bisa tetap tampil cantik dan tidak terlihat tua.

Dan tanda penuaan ini bisa dilawan dengan manfaat lulur susu. Lulur bisa memperlambat munculnya tanda penuaan dan membuat penampilan Anda menjadi lebih baik.

7. Menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat
Jika Anda punya bekas jerawat, bekas luka, atau bekas cacar di kulit. Gunakanlah fungsi lulur susu untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas luka tersebut.

Selain mencerahkan, susu bisa menghaluskan kulit.

8. Mengangkat sel kulit mati dan regenerasi dengan yang baru
Salah satu manfaat susu untuk wajah dan tubuh adalah kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati. Kemudian menggantinya dengan baru.

Selain kandungan susu di atas, ada kandungan asam betahidroksi. Kegunaannya adalah untuk melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh, dan menghindarkan kulit dari kulit.

Jenis susu untuk memutihkan badan

Salah satu jenis susu untuk memutihkan badan dan biasa dipakai untuk membuat lulur adalah susu bubuk. Namun, jika Anda mau coba jenis susu lainnya, Anda bisa mencoba susu kental manis.

Hal ini karena sudah banyak yang mencoba manfaat susu kental manis untuk wajah, yaitu dipakai sebagai masker.

Bersihkan dulu wajah Anda baru balurkan susu kental manis ke wajah secara merata. Kemudian ditunggu 15 menit atau sampai kering. Baru dibilas.

Masker SKM (susu kental manis) ini konon bisa memutihkan wajah, lho. Maka dari itu, Anda bisa mencobanya sebagai jenis susu untuk memutihkan badan juga.

Tips membuat, cara memakai lulur yang benar, dan efek samping

Anda bisa membuat sendiri lulur untuk memutihkan badan dari bahan dan alat sederhana. Berikut ini adalah cara membuat lulur dari bahan dasar susu. Juga cara memakai lulur yang benar supaya manfaatnya optimal.

Cara membuat lulur susu

cara membuat lulur yang benar

Cara membuat lulur susu sangatlah mudah. Anda bisa menyiapkan bahannya dulu:

  1. Susu bubuk
  2. Air
  3. Minyak zaitun
  4. Jeruk nipis

Alat yang perlu disiapkan adalah:

  1. Mangkuk
  2. Sendok Pengaduk

Cara membuat lulur susu:

  1. Siapkan wadah, masukkan susu dan perasan jeruk nipis.
  2. Masukkan minyak zaitun ke dalamnya.
  3. Campur semua bahan dengan cara diaduk hingga terbentuklah pasta yang kekentalannya pas buat masker.

Cara luluran yang benar pakai lulur susu

Mau luluran di rumah pakai susu, coba cara luluran yang benar berikut ini yuk!

  1. Balurkan lulur yang sudah Anda siapkan ke seluruh tubuh atau bagian yang Anda kehendaki sampai rata.
  2. Biarkan lulur melekat di kulit selama kurang lebih setengah jam agar kandungannya meresap.
  3. Bilas hingga benar-benar bersih.
  4. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Bahan yang dipakai dalam cara pakai lulur di atas bisa dikombinasi, kok! Misal mencampurkan susu dengan madu yang juga memiliki manfaat baik untuk kulit. Dua bahan ini memiliki manfaat yang saling dukung satu sama lain.

Jika Anda menggunakan susu kental manis, maka tak perlu air untuk mengencerkannya dan merasakan manfaat lulur ini.

Anda juga bisa langsung merasakan manfaat susu kental manis untuk wajah dengan cara memakai lulur yang benar atau mengoleskannya langsung seperti memakai masker. Misalnya, susu frisian flag atau susu lainnya.

Efek samping pemakaian susu pada kulit

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk jika Anda mengonsumsi susu yang secara nutrisi bermanfaat untuk tubuh.

Mengonsumsi susu secara oral dalam jumlah yang banyak dan berlebihan bisa memicu timbulnya jerawat. Meski belum ada studi yang bisa diungkapkan, namun anggapan ini lebih baik dijadikan perhatian.

Jika Anda memiliki jerawat, jenis susu untuk memutihkan badan yang disarankan untuk dipakai adalah buttermilk atau yogurt. Bukan susu segar atau susu yang berlemak.

Untuk kulit yang super sensitif, pemakaian dan manfaat lulur susu tetap harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya susu memiliki pH yang sedikit cenderung asam. Namun, secara umum manfaat susu untuk wajah bisa kok dipakai sebagai toner pada kulit sensitif biasa.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *