Reksa Dana Online 2019 Apa Saja Risiko dan Keuntungannya

Bagi pemula yang tidak mengetahui apakah reksa dana online, reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang minim risiko dan menggunakan sistem manajemen professional. Reksa dana juga bisnis investasi yang menggunakan saham, obligasi atau deposito.

Sebelum melakukan investasi reksa dana perlu diketahui juga keuntungan dan risiko yang didapatkan dalam menggunakan investasi jenis reksa dana online.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan juga risiko yang didapatkan dalam investasi jenis reksa dana online.

1. Risiko Investasi Reksa Dana Online

risiko reksa dana online

– Likuiditas

Baik investasi reksa dana secara luring maupun online. Risiko likuiditas bisa dialami keduanya. Hal tersebut bisa terjadi jika perusahaan-perushaan yang diajak kerja sama dalam penanaman saham mengalami kebangkrutan.

Pemegang saham atau pemilik saham tidak bisa mengambil saham yang sudah ada sejak awal perjanjian karena perusahaan mengalami kebangkrutan sehingga tidak bisa mengembalikan. Hal inilah yang membuat pemilik saham mengalami kerugian yang besar.

– Inflasi

Dalam melakukan investasi memang sering terjadi inflasi. Salah satunya karena produk-produk investasi terdapat di dalam investasi tersebut sehingga hasil yang didapatkan lebih rendah daripada jumlah kenaikan inflasi itu sendiri.

– Penipuan atau kecurangan

Manusia memang tidak lepas dari kesalahan. Sebesar apapun rasa percaya kita kepada manusia memang tidak dapat menjamin apa-apa karena manusia tidak bisa kita tebak kapan berubahnya atau yang belum kita kenal lebih baik.

Hal tersebut juga bisa terjadi dalam investasi reksa dana, meskipun manajer yang terdapat di dalam reksa dana memang dikatakan professional tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat penipuan atau kecurangan yang dilakukan kepada pemilik saham.

Dalam hal ini memang diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi. apalagi hal tersebut terjadi di dalam dunia internet, banyak sekali oknum-okum yang bisa mengambil data-data tanpa sepengetahuan pemilik saham sehingga terjadi penipuan atau kecurangan.

2. Keuntungan Investasi Reksa Dana secara Online

keuntungan reksa dana online

– Biaya yang Murah

Selain biaya yang murah menggunakan investasi reksa dana secara luring, investasi reksa dana secara online juga cukup murah karena pemilik saham yang pemula cukup memberikan modal seminimal-minimalnya sebesar Rp. 10.000 sehingga tidak diperlukan jumlah modal yang banyak.

– Menghemat Waktu dan Tenaga

Selain biaya yang murah, melakukan reksa dana secara online memang menghemat waktu dan tenaga. Hal tersebut dikarenakan reksa dana bisa dilakukan di rumah sambil bersantai dan tidak perlu bepergian ke tempat perusahaan-perusahaan yang menawarkan saham.

Selain itu, pemilik saham tidak perlu mengantre untuk melalukan investasi reksa dana karena bisa dilakukan di rumah.

– Mendapatkan uang dengan cepat

Menggunakan investasi reksa dana memang mendapatkan keuntungan berupa hasil uang dengan cepat sehingga tidak memerlukan waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena pemilik investasi reksa dana bisa memilih barang apakah yang akan dijual dengan harga yang tinggi sehingga bisa menghasilkan uang yang lebih cepat.

Investasi reksa dana juga sesuai dengan kebutuhan orang yang mendesak atau tiba-tiba tetapi bisa juga digunakan dalam jangka panjang.

– Lebih Mudah

Menggunakan cara investasi reksa dana secara online memang lebih mudah karena pengguna bisa melakukan melalui internet saja sehingga lebih praktis dan mudah.Selain keuntungan di atas, pemilik investasi juga memiliki akses informasi yang jelas.

Mereka yang menggunakan jenis investasi reksa dana bisa mengetahui biaya pengeluaran, pembelian, unit penyertaan, saham, resiko serta keuntungan yang didapatkan melalui informasi yang diberikan melalui laporan-laporan yang diberikan.

Itulah beberapa risiko dan keuntungan dalam melakukan investasi reksa dana secara online. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *