5 Produk Investasi Jangka Panjang Contohnya Cek Disini!

investasi jangka panjang contohnya

Ada beberapa alasan mengapa seseorang kemudian melakukan investasi. Beberapa diantara sekian banyak alasan seseorang memilih untuk menjalankan investasi adalah karena investasi merupakan cara terbaik menjaga harta dan bisa menjadi taktik terbaik mempertahankan asset di masa pensiun.

Produk investasi juga banyak banget. Nah, untuk Anda yang tertarik menjalankan investasi jangka panjang contohnya akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Anda bisa memilih salah satu produk investasi jangka panjang contohnya dan lakukan dengan maksimal.

Produk Investasi Jangka Panjang Contohnya

1. Investasi Saham

Ada banyak orang yang enggan melakukan investasi saham karena tingkat resiko tinggi yang hadir dengan jenis investasi yang satu ini. Namun walau demikian, investasi saham adalah jenis investasi yang sangat menguntungkan karena Anda berpotensi mendapatkan untung mencapai 15 sampai 20% per tahun.

Dengan menjalankan investasi saham, Anda bisa disebut sebagai pemilik saham dari perusahaan yang Anda tanamkan modalnya. Sehingga jika perusahaan tempat Anda melakukan investasi mengalami kemajuan, Anda akan mendapat keuntungan.

Namun jika Anda tertarik menjalankan investasi yang satu ini, sebelum memulai investasi Anda harus lebih dulu meneliti perusahaan yang akan menaungi aset yang Anda tanamkan. Sangat dianjurkan agar Anda memilih suatu perusahaan yang prospeknya bagus seperti misalkan produk kebutuhan makanan atau produk kebutuhan primer lainnya.

2. Investasi Properti

Baik tanah ataupun bangunan, keduanya sama – sama menjadi instrumen yang sangat menjanjikan keuntungan di masa depan. Resiko mengalami kebangkrutan dari menjalankan investasi di bidang properti juga sangat rendah.

Bahkan investasi properti menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang contohnya yang tidak akan pernah ada ruginya. Hal ini karena nilai properti yang setiap tahunnya meningkat pesat bahkan sampai dengan 15 hingga 20%.

Jika Anda tidak ingin menjual tanah atau gedung yang Anda punya, Anda bisa menyewakannya dan Anda bisa mendapatkan keuntungan per tahun tanpa Anda harus kehilangan properti Anda. Artinya jika masa sewa sudah berakhir, tanah atau gedung Anda akan kembali lagi menjadi milik dan hak Anda.

3. Investasi Reksadana Saham

Terdapat beberapa varian jenis investasi yang Anda bisa pilih ketika berinvestasi reksadana saham yaitu saham obligasi dan saham pasar uang. Instrumen investasi tersebut memiliki tingkat resiko yang berbeda – beda sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, maka tak ada salahnya untuk Anda berinvestasi di bidang yang satu ini. Keuntungan investasi saham juga sangat besar. Jika dibandingkan dengan Anda menyimpan uang dalam bentuk deposito yang hanya menawarkan suku bunga 2% per tahun, maka keuntungan yang Anda bisa dapatkan dengan menjalankan investasi saham up to 14 atau 20% per tahun. Sangat menguntungkan bukan?

4. Investasi Emas

Benda yang satu ini juga sudah sejak lama menjadi suatu instrumen investasi yang menguntungkan. Kini tidak hanya kalangan orang tua yang gemar menabung emas, melainkan anak muda juga sudah sadar gerakan menabung emas yang memberikan prospek cerah baginya.

Emas memang layak menjadi suatu instrumen investasi jangka panjang contohnya, karena banderol harga emas terus menerus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, emas juga diklaim menjadi investasi yang minim resiko karena harga emas berbanding lurus dengan tingkat inflasi.

Kelebihan lain dari investasi emas yang bisa didapatkan yaitu kemudahannya untuk diubah ke dalam bentuk uang. Karena menjual emas sangat mudah. Sehingga ketika Anda yang memiliki tabungan emas butuh emas sewaktu – waktu Anda bisa menjualnya langsung.

Namun jika anda ingin investasi emas menjadi investasi jangka panjang Anda, sangat dianjurkan agar Anda tidak membeli emas dalam bentuk perhiasan karena nilai perhiasan turun karena biaya pembuatannya.

Melainkan dianjurkan agar dalam investasi emas, yang Anda beli adalah emas batangan atau koin emas karena tidak terpengaruh oleh biaya pembuatan yang mengurangi nilai jualnya.

5. Asuransi

Jika membahas mengenai asuransi, memang selama ini asuransi hanya dianggap sebagai kewajiban saja. Padahal sebenarnya asuransi termasuk instrumen investasi jangka panjang yang dapat memberikan proteksi sekaligus keuntungan yang besar.

Kini Anda bisa menemukan berbagai jenis asuransi yang dapat Anda jadikan instrumen investasi utamanya asuransi pendidikan yang sangat bermanfaat bagi pendidikan anak di masa yang akan datang. Dengan mengikuti program asuransi, Anda tak perlu bingung menyiapkan dana pendidikan buah hati Anda di masa yang akan datang karena semuanya sudah tercover didalam asuransi.

Terlebih sekarang ini asuransi pilihannya banyak dan tersedia beragam tata cara pembayaran yang sangat mudah. Hal tersebut menjadikan banyak orang mulai melirik asuransi sebagai cara proteksi dana yang dimiliki.

Itulah beberapa produk investasi jangka panjang contohnya yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melindungi asset Anda dari pengaruh inflasi. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *