Jenis Investasi yang Minim Risiko 2019

jenis investasi yang minim risiko

Bagi pemula investasi memang sering takut dengan adanya risiko-risiko yang akan terjadi. Risiko-risiko terjadi seperti penipuan, bangkrut, dan lain sebagainya.

Bagi pemula bisnis investasi atau yang sudah pernah melakukan investasi bisa memilih terlebih dahulu jenis-jenis investasi yang minim risiko sehingga melakukan investasi bisa lebih nyaman dan aman.

Beberapa investasi yang minim Risiko

1. Saham Syariah

Investasi memang memiliki jenis yang bermacam-macam salah satunya adalah saham syariah. Saham syariah memang memiliki risiko yang rendah dikarenakan dilakukan sesuai syariat islam sehingga mengurangi jenis-jenis risiko yang ada.

Saham syariah memiliki sistem musyawarah dan juga mudhorobah yaitu sistem yang dilakukan antara pemilik saham dan pemilik perusahaan pada awal perjanjian dan harus disepakati bersama. selain itu, jika memang terjadi risiko, akan dihadapi dan dituntaskan bersama-sama. Saham syariah bisa dilakukan di beberapa bank syariah.

2. Emas

Bagi seluruh masyarakat baik di Indonesia maupun di luar. Investasi menggunakan emas memang tidak asing lagi. sudah banyak orang yang menggunakan emas sebagai modal investasinya. Hal tersebut menjadi bukti yang kuat bahwa emas memang jenis investasi yang menguntungkan, minim risiko dan bisa dimiliki oleh semua orang. emas bisa dijadikan investasi dengan dua cara.

Pemilik emas bisa menginvestasikan emas melalui bank-bank yang menyediakan sistem investasi emas atau melalui penyimpanan mandiri. Kedua-duanya memang memiliki keuntungan dan risiko tersendiri tinggal bagaimana pemilik tersebut bisa mengolahnya sehingga mengurangi risiko.

Walaupun terdengar terdapat risiko tetapi risiko yang didapatkan dalam berinvestasi emas memang sangat sedikit seperti emas yang tidak asli, atau pemborosan dalam penjualan emas secara langsung sehingga tidak berjangka lama. Meskipun demikian emas menjadi bahan investasi yang “wajib” dimiliki karena mudah mengelolahnya dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

3. Kendaraan (Mobil/Motor)

Kendaraan memang menjadi investasi yang minim risiko karena bisa dijual sesuai dengan keinginan pemiliknya. Syarat ketika berinvestasi motor atau mobil adalah tidak bisa dilakukan untuk jangka panjang karena motor dan mobil bisa memiliki gaya atau model yang berubah seiiring perkembangan zaman sehingga jika ingin menjual motor atau mobil dalam jarak tiga tahun bisa saja harga berkurang. Investasi jenis ini memang bisa digunakan dalam jarak yang sedikit.

4. Dana

Dana yaitu berupa uang. Sesorang bisa berinvestasi menggunakan dana. Caranya bisa memberikan modal berupa uang kepada para pebisnis atau usahawan yang akan memulai suatu bisnis atau usaha.

Bagi pemilik modal atau dana bisa berinvestasi dengan memberikan dana yang dibutuhkan dan harus dikembalikan saat hasil usaha tersebut sudah melebihi modal. Selain cara tersebut, dana juga bisa dilakukan secara mandiri.

Hal ini memang tidak disadari secara langsung bahwa dengan menabung uang juga merupakan bentuk investasi berupa dana. Seseorang bisa menabung atau menyisihkan uang berapapun itu dan digunakan untuk keperluan masa depan. Hal yang terdengan sepele seperti menabung uang receh memang tidak terlau istimewa tetapi dengan konsisten menabung misalkan setiap hari menabung seharga Rp. 1000 rupiah dalam satu tahun akan menghasilkan jutaan rupiah.

Hal tersebut memang jenis investasi paling sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang. apabila menginginkan jumlah yang lebih banyak bisa secara acak satu hari menabung lebih dari Rp. 1000.

Setelah uang tabungan sudah terkumpul banyak, bisa dilakukan tukar uang atau bisa langsung membeli barang yang dibutuhkan. Investasi jenis ini memang bisa diajarkan sejak kecil karena salah satu kelebihannya adalah bisa memupuk jiwa hemat sedari kecil. Selain itu, jenis investasi ini memiliki sedikit risiko bahkan bisa dikatakan tidak ada.

Itulah beberapa jenis investasi yang minim risiko versi penulis. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *