5 Ide Peluang Investasi Pertanian Bisa Dicoba Masyarakat Desa

peluang investasi pertanian

Dulu memang kebanyakan orang memiliki mindset bahwa bisnis yang sukses adalah bisnis yang mengikuti trend. Ya, hal tersebut memang bisa jadi benar. Akan tetapi tidak semua bisnis yang tidak trend tidak bisa sukses. Salah satu contohnya adalah menjalankan peluang investasi pertanian.

Jadi, Anda bisa menginvestasikan dana Anda di bidang pertanian karena hal ini sangat menguntungkan. Mengapa menguntungkan? Karena tentu saja hasil bumi adalah produk yang akan dibutuhkan sebagai bahan baku makanan sampai kapan pun juga.

Karena itu tidak akan pernah ada hasil bumi yang tidak laku jika Anda tahu bagaimana cara memasarkannya. Menjalankan bisnis pertanian tidak harus terjun sendiri kok. Untuk Anda yang memiliki modal dan tertarik menjalankan bisnis ini bisa menggunakan jasa orang lain untuk mengelola.

Sementara bisnis pertanian pun cakupannya luas tidak terbatas dengan hal tanam menanam saja. Untuk itu agar lebih jelas, Anda bisa simak ide menjalankan peluang investasi pertanian berikut ini!

Peluang Investasi Pertanian Untuk Masyarakat Desa

tanaman pertanian organik

1. Tanaman Pertanian Organic

Peluang investasi pertanian yang sangat menguntungkan salah satunya adalah menjalankan usaha tanaman pertanian organic. Ya, gaya hidup masyarakat Indonesia sudah mulai berubah menjadi lebih baik.

Kampanye hidup sehat menjadikan banyak gaya hidup yang berubah seiring sejalan dengan perkembangan zaman. Jadi Anda tidak hanya dapat menerapkan rutinitas olahraga, melainkan hidup sehat juga akan tercermin dari bahan pangan yang dikonsumsi.

Peluang investasi pertanian yang satu ini akan semakin berkembang dalam beberapa tahun yang akan datang. Pertanian organic merupakan konsep pertanian yang berbeda dengan pertanian pada umumnya.

Hal ini karena pada pertanian organic tidak menggunakan pupuk kimia sama sekali sehingga produk yang sehat, unggul dan terbaik akan dihasilkan. Saat ini produk pertanian organic yang mulai banyak dikenal adalah sayur dan buah yang dikelola melalui cara hidroponik.

Manfaat lain dari proses tanam secara hidroponik adalah Anda tidak butuh lahan yang luas untuk bertani. Bahkan loteng sampai dengan halaman belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai area tanam Anda. Yang penting adalah kebutuhan air dan matahari yang cukup terpenuhi.

2. Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias ini merupakan salah satu pilihan usaha di bidang pertanian yang sangat menguntungkan. Hal tersebut karena banyak orang yang suka dengan tanaman hias. Tanaman hias dapat digunakan untuk mempercantik kantor, hunian atau sebagai spot atau area hijau di lokasi fasilitas taman umum perkotaan.

Jadi tanaman hias ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Jenis dari tanaman hias juga ada banyak sekali. Bentuk dan warnanya juga sangat menarik. Selain itu aneka ragam jenis tanaman bisa dibudidayakan. Seperti model tanaman hias yang dibonsai atau dikerdilkan dan bisa tumbuh hanya berupa daun atau dengan buahnya juga laku dijual karena permintaan tanaman semacam itu masih sangat besar.

3. Bisnis menyediakan bibit tanaman yang berkualitas

bisnis tanaman hias

Jika Anda merupakan seorang pemula yang masih belum mengenal usaha di bidang pertanian seperti apa, menjalankan bisnis menyediakan bibit tanaman bisa Anda coba. Bahkan jika Anda belum punya pengalaman pertanian sama sekali, peluang investasi pertanian ini masih sangat layak Anda jalankan.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa belajar semua hal tentang dunia pertanian dari berbagai acara penyuluhan yang biasa dilakukan dinas pertanian di sekitar lingkungan Anda.

Selain itu Anda juga bisa belajar dari orang – orang di sekitar Anda yang memang memiliki keahlian dalam bidang bibit pertanian.

4. Menjadi distributor peralatan tani atau menyewakan alat pertanian

Dulu memang alat – alat pertanian tidak semodern sekarang. Namun sekarang semua alat pertanian sudah modern. Bahkan panen padi ada alatnya sendiri tidak perlu menggunakan tenaga manusia.

Bahkan banyak petani yang mengatakan panen dengan alat panen padi khusus sangat membantu proses panen terselenggara dengan cepat dan tidak menghabiskan banyak dana.

Karena itu banyak petani tradisional yang sekarang sudah beralih menjalankan segala sesuatunya dengan alat pertanian modern. Nah, peluang usaha tersebut bisa Anda manfaatkan. Anda bisa menjadi distributor alat pertanian atau paling tidak memiliki usaha sewa menyewa alat – alat pertanian.

5. Menjadi seorang konsultan dan ahli pertanian

menjadi konsultan pertanian

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan di bidang ilmu pertanian, Anda bisa menggunakan pengetahuan Anda tersebut untuk membuka usaha di bidang konsultan pertanian. Kini pemerintah sudah banyak yang memberikan perhatian secara penuh pada sektor pertanian agar bisa menghasilkan panen yang tinggi dan berkualitas.

Ada banyak ilmu pengetahuan yang Anda miliki dan bisa diaplikasikan untuk disalurkan kepada para pengembang tanaman agar petani bisa menjadi jauh lebih kreatif lagi dalam tata kelola lahan yang ada dengan hasil pencapaian yang sangat melimpah.

Itulah berbagai macam ide menjalankan peluang investasi pertanian yang bisa dicoba masyarakat desa. Dapatkan kesuksesan dengan menjalankan bisnis pertanian di daerah Anda.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *