5 Cara Memulai Usaha Pertanian Bagi Pemula Agar Sukses

cara memulai usaha pertanian

Jika Anda masih berpikir bahwa usaha pertanian adalah usaha kuno yang tidak memberikan keuntungan yang maksimal, maka Anda harus mulai mengubah mindset Anda sedari sekarang. Usaha pertanian termasuk salah satu ide bisnis investasi pertanian yang sangat menguntungkan.

Bahkan usaha pertanian bagi pemula juga sangat welcome, khususnya jika memang Anda sudah punya niat, minat dan pengetahuan mengenai bisnis pertanian. Jika diantara Anda ada yang tertarik untuk memulai usaha pertanian, disini kami akan bongkar tips triknya untuk Anda.

Mengenai cara memulai usaha pertanian bagi pemula agar Anda bisa mendapatkan kesuksesan dalam usaha yang Anda jalankan, akan kami kupas semuanya secara tajam disini.

Cara Memulai Usaha Pertanian

buah buahan usaha pertanian

1. Pastikan bidang agribisnis yang Anda pilih sesuai

Tidak hanya soal menanam tanaman, akan tetapi objek dari usaha agribisnis juga menyangkut hewan dan organisme lain yang dapat dibudidayakan dimana hasilnya nanti bisa dijual.

Jadi ada banyak aspek yang saling berkaitan satu sama lain dengan agribisnis mulai dari bidang teknologi pangan atau farmasi sampai penyediaan energi.

Bahkan lembaga PBB yaitu FAO (Food and Agricultural Organization) mengampanyekan untuk masyarakat dunia melakukan upaya pengembangan bidang agribisnis karena hal ini menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pangan dunia.

Anda juga dapat memilih budidaya tanaman sebagai bahan pokok misalkan Anda membudidayakan bahan seperti gandum, padi atau jagung. Anda juga bisa memilih tanaman hias seperti kaktus, bunga atau pun bonsai.

Apapun itu yang paling penting Anda kuasai bidangnya dan Anda memiliki pengetahuan cukup untuk menjalankannya agar bisnis Anda tidak stagnan atau berhenti di tengah jalan.

2. Modal

Dalam menjalakan bisnis apapun, komponen asset yang satu ini tidak pernah bisa ketinggalan. Bisnis apapun itu butuh modal. Dalam usaha pertanian bagi pemula yang Anda harus tahu bahwa modal dibutuhkan untuk berbagai hal.

Jika Anda ingin menanam padi sementara Anda tidak punya sawah, maka Anda harus sewa sawah dulu. Bagi Anda yang sudah punya lahan untuk bisnis tanaman hidroponik maka alat tanam dan bibitnya yang Anda perlu siapkan, dan persiapannya itu juga butuh modal.

Karena itu siapkan modalnya. Pikirkan modalnya. Jika memang Anda tidak punya dana, pikirkan kembali bagaimana strategi Anda mendapatkan modal jika memang usaha pertanian memang sangat Anda inginkan. Misalkan Anda bisa bekerjasama dengan suatu pihak atau bahkan bisa meminjam dana di bank. Serahkan dengan kemampuan Anda untuk mendapatkan modal.

Namun jika memang Anda sudah mampet dan tetap ingin meminjam dana di bank sebagai modal, maka yang Anda harus perhatikan adalah bagaimana cara Anda mengembalikan dana yang Anda pinjam. Apakah Anda sudah siap dengan cicilannya atau tidak. Itu harus masuk di list Anda.

3. Cobalah cara vertikultur yang inovatif

Apa itu vertikultur? Kata ini memang sangat jarang digunakan karena pembahasannya dalam bidang pertanian sangat sedikit. Vertikultur sebenarnya merupakan salah satu cara untuk menanam yang dilakukan memanfaatkan media yang tersusun vertical. Vertikultur biasanya memanfaatkan alat sederhana seperti bambu, kayu atau pipa.

Jika Anda berada di daerah yang memiliki lahan sempit, maka cara tanam dengan memanfaatkan metode vertikultur ini menjadi salah satu metode tanam yang akan sangat membantu. Ada berbagai bahan tanaman yang Anda bisa manfaatkan untuk ditanam dengan metode vertikultur.

Beberapa bahan yang Anda bisa tanam dengan menggunakan teknik dan metode ini seperti seledri, bayam, tomat, sawi dan terong. Anda juga dapat merangkai sendiri tatanan vertikultur yang Anda inginkan dengan membeli bahan sederhana di toko penyedia alat media tanam.

4. Kreativitas dalam mengembangkan bisnis

Memang bisnis pertanian butuh kreativitas? Tentu saja butuh! Misalkan ketika Anda memilih untuk menanam aneka sayur, kemudian ¾ sayur hasil panen Anda sudah dibawa pemasok dan laku keras, tinggal ¼ yang belum laku.

Maka, jika Anda ingin sukses, Anda harus pikirkan bagaimana cara dan strategi yang Anda bisa terapkan agar ¼ tadi bisa memiliki nilai jual. Misalkan Anda kreasikan menjadi aneka olahan makanan untuk dijual atau sebagainya. Kreativitas tanpa batas tentu perlu Anda miliki untuk memaksimalkan potensi kesuksesan bisnis Anda.

5. Buat komoditas ekspor Indonesia

Kini sosial media menjadi sarana yang sangat penting dan menarik bagi masing – masing konsumen. Hal tersebut penting karena rata – rata orang memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan pembelian suatu produk.

eksport usaha pertanian

Karenanya memanfaatkan gadget untuk promosi segala hal yang berkaitan dengan usaha agribisnis akan sangat menguntungkan. Cara yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan membuat artikel, video tutorial atau berbagai hal lain yang kekinian sehingga tidak hanya orang tua saja yang tertarik dengan cara promosi Anda, melainkan anak muda juga akan tertarik.

Jika bisnis Anda sudah bisa memanfaatkan gadget sebagai media promosinya, maka bisnis pertanian dengan konsep digital akan Anda dapatkan. Cara ini sangat penting untuk meningkatkan omset penjualan Anda dari berbagai sisi.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha pertanian bagi pemula agar bisnis Anda sukses besar. Selamat menjalankan usaha pertanian dan mulailah semuanya dengan penuh kesungguhan.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *