Apa Keuntungan Investasi Reksa Dana Di Tahun 2019?

investasi reksa dana

Salah satu kegiatan yang menguntungkan di masa depan adalah dengan melakukan investasi. Jenis-jenis investasi juga lebih banyak dan memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Salah satunya investasi reksa dana.

Bagi pemula, mungkin beberapa bisnis dalam berinvesatasi kurang tertarik atau tidak mengetahui sama sekali. Salah satu jenis investasi yang ada di Indonesia adalah investasi reksa dana. Sebelum melanjutkan alangkah lebih baik mengetahui terlebih dahulu apakah investasi reksa dana tersebut.

Reksa Dana adalah termasuk jenis investasi yang menggunakan cara membeli penyertaan reksa kepada seorang manajer yang sudah terpecaya. Tugas seorang manajer tersebut adalah untuk megatur dan mengurus beberapa hal seperti deposito, saham, obligasi dalam investasi beberapa produk portifolio tertentu.

Selain itu, manajer juga yang akan mengatur segala pengeluara, pemasukan, pembelian, penjualan dan juga perdagangan. Investasi reksa dana memang banyak digunakan karena memiliki kekurangan atau tingkat resiko yang rendah dan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Sebelum mengetahui apakah keuntungan yang didapatkan dalam berinvestasi reksa dana, terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis investasi itu sendiri seperti berupa pendapatan tetap, pasar uang, saham dan campuran.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Berinvestasi menggunakan reksa dana memang tidak hanya soal uang atau saham saja akan tetapi waktu pemilik investasi juga karena akan berhubungan dengan manajer yang sudah dipilih dan dipercaya. berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang didapatkan dalam investasi reksa dana.

1. Mudah Pembelian dan Penjualan

Melakukan investasi reksa dana memang menjadikan seseorang seperti bos yang hanya diam saja karena yang melakukan segala kegiatan adalah manajer tersebut. pemilik invertasi hanya perlu mendapatkan laporan tentang kegiatan pembelian atau penjualan yang dilakukan dan juga menunggu hasil reksa dana.

2. Mendapatkan uang dengan cepat

Menggunakan investasi reksa dana memang mendapatkan keuntungan berupa hasil uang dengan cepat sehingga tidak memerlukan waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena pemilik investasi reksa dana bisa memilih barang apakah yang akan dijual dengan harga yang tinggi sehingga bisa menghasilkan uang yang lebih cepat.

Investasi ini juga sesuai dengan kebutuhan orang yang mendesak atau tiba-tiba tetapi bisa juga digunakan dalam jangka panjang.

3. Manajer Profesional

Seperti sudah disinggung di atas, bahwa investasi reksa dana memang memiliki manajer yang dipercaya atau sudah professional sehingga terjadinya penipuan atau resiko lain lebih kecil karena pengalaman yang sudah didapatkan oleh manajer professional. Selain manajer, sistem manajemen juga terlihat lebih tertata sesuai dengan tingkat professional mereka.

4. Biaya yang tidak mahal

Untuk menggunakan investasi jenis ini tidak perlu dikhawatirkan dengan jumlah modal yang tinggi karena reksa dana memiliki banyak koneksi perusahaan yang luas dan juga manajemen yang professional sehingga tidak menuntut banyak biaya untuk melakukan transaksi.

Kini Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000 menggunakan beragam metode pembayaran untuk mendapatkan keuntungan hingga 6,5%* setahun dan tidak kena pajak Di Tokopedia Silahkan mencoba.

5. Informasi yang Jelas

Selain keuntungan di atas, pemilik investasi juga memiliki akses informasi yang jelas. Mereka yang menggunakan jenis investasi ini bisa mengetahui biaya pengeluaran, pembelian, unit penyertaan, saham, resiko serta keuntungan yang didapatkan melalui informasi yang diberikan melalui laporan-laporan yang diberikan.

6. Resiko yang rendah

Keuntungan yang keempat memang juga sudah dijelaskan sedikit dalam ulasana sebelumnya. Resiko rendah memang bisa dipastikan jika melakukan investasi reksa dana. Selain disebabkan oleh manajer yang sudah berpengalaman luas dan lama, investasi reksa dana juga memiliki sistem penjualan atau kerja sama tidak hanya pada satu perusahaan saja akan tetapi bisa mencapai puluhan perusahaan juga.

Hal tersebut dilakukan apabila lima dari perusahaan yang diajak kerja sama mengalami kerugian atau penurunan saham, masih terdapat perusahaan-perusahaan lain yang tidak memiliki kerugian tersebut sehingga investasi masih aman dan tetap bisa dilanjutkan.

Itulah beberapa informasi tentang keuntungan dalam reksa dana. Semoga informasi ini bisa memberikan Anda referensi apakah Anda ingin mulai berinvestasi saham reksa dana atau investasi jenis lain untuk tabungan masa depan.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *