Simple, Ini 8 Cara Promosi Online Bisnis Travel

cara promosi online bisnis travel

Bisnis travel memang cukup menjanjikan. Sudah banyak kalangan menyadari bahwa traveling menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi hingga kini generasi milenial menjadikan traveling sebagai sebuah passion yang cukup menguntungkan. Manfaat dari traveling juga cukup banyak dan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan anda. Ini yang menjadi dasar untuk memanfaatkan peluang menjalankan bisnis travel.

Untuk menjalankan bisnis seperti ini sebaiknya anda harus memperhitungkan metode promosi yang ideal. Cobalah terapkan cara promosi online untuk bisnis travel. Cara seperti ini dianggap sangat efektif untuk menjangkau kalangan yang lebih luas.

Metode promosi secara online bisa anda lakukan sesuai dengan perhitungan budget. Bahkan, ada metode gratis yang cukup menguntungkan untuk dilakukan. Konsep dari promosi itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Tentu saja cara promosi seperti ini harus menjangkau banyak kalangan.

Rincian promosi yang dilakukan juga harus memudahkan calon klien anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih mudah dan baik. Jangan lupa untuk menggunakan banyak platform teknologi agar memudahkan skema promosi yang dijalankan.

Berikut ini ada 8 cara promosi online untuk bisnis travel yang bisa dicoba dengan mudah, seperti:

Cara Promosi Online Bisnis Travel

cara promosi online bisnis travel

1. Memaksimalkan Facebook

Facebook dinilai sebagai salah satu platform media sosial yang bisa membantu anda memaksimalkan cara promosi online untuk bisnis travel. Jumlah pengguna aktif facebook akan menjadi pertimbangan untuk melakukan promosi. Apalagi hingga kini sudah banyak pilihan fitur yang membuat anda semakin mudah untuk melakukan promosi bisnis travel. Beberapa fitur dari media sosial ini seperti status update, layanan posting konten video dan foto dan lainnya.

Cobalah memulai dengan membuat fanpage bisnis travel anda. Posting banyak konten seperti foto dan video dari kegiatan bisnis travel. Berikan deskripsi tentang biaya atau paket travel yang anda tawarkan. Semakin sering anda melakukan posting promosi melalui konten video atau foto di Facebook akan membuat orang lain tertarik.

2. Membuat Website

Cara seperti ini dianggap sangat ideal untuk menjalankan bisnis travel anda. Tentu saja anda membutuhkan media online khusus untuk menawarkan berbagai paket hingga biaya travel. Buatlah website khusus yang berisi tentang informasi dari penawaran paket travel yang anda buat. Jangan lupa untuk menampilkan seluruh fasilitas yang akan didapat dari para calon klien saat akan menggunakan layanan travel anda.

Hal yang harus diperhitungkan tentu saja tampilan dari website yang menarik dan ringan untuk dibuka pada banyak perangkat. Biasanya beberapa agen travel profesional akan menerapkan metode pembayaran secara online untuk memudahkan pesanan paket dari calon klien. Cara seperti ini dianggap akan meningkatkan kepercayaan calon klien terhadap bisnis anda.

3. Membuat Tulisan Traveling

Cara promosi online untuk bisnis travel yang bisa dicoba adalah membuat tulisan tentang traveling. Anda bisa membuat konsep tulisan review dari tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tertentu atau membuat tulisan perjalanan wisata yang pernah dilakukan. Seluruh tulisan tentang traveling ini bisa anda masukkan di website bisnis anda. Mungkin anda juga bisa mempublikasikan tulisan ini di berbagai situs berita besar.

Cara seperti ini akan memudahkan orang lain untuk melakukan pencarian terhadap layanan bisnis traveling yang anda jalankan. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih maksimal sebaiknya gunakan metode SEO pada setiap tulisan traveling yang anda posting. Metode ini bisa dilakukan secara gratis dan memberikan efek cukup besar.

4. Gunakan Instagram

Rekomendasi dari platform media sosial yang bisa anda gunakan untuk promosi online yaitu Instagram. Media sosial ini sebenarnya memiliki fungsi sama seperti lainnya. Namun, karakter konten yang diposting lebih menarik. Anda bisa memaksimalkan banyak fitur Instagram untuk melakukan promosi online. Misalnya saja dengan memposting konten foto atau video dari kegiatan bisnis travel yang anda jalankan.

Instagram juga memiliki fitur Instastory yang bisa digunakan untuk membuat promosi online lebih menarik. Jangan lupa memberikan deskripsi pada setiap konten yang anda posting. Cara ini dianggap sangat ideal karena jumlah pengguna Instagram terus bertambah setiap hari.

5. Buat Konten Video Traveling Yang Menarik

Platform online lainnya yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan video sharing seperti Youtube. Platform ini memudahkan anda untuk promosi bisnis travel melalui konten video. Hal ini bisa dimulai dengan membuat channel khusus dari bisnsi travel anda.

Selanjutnya posting berbagai video yang berisi tentang kegiatan traveling, fasilitas yang didapat dari calon klien dan lainnya. Buatlah konsep video yang menarik dan memiliki tampilan yang sangat elegant. Pada bagian konten itu masukkan promosi dari bisnis travel anda seperti kontak, paket harga, layanan fasilitas dan lainnya. Promosi ini juga bisa anda tampilkan pada deskripsi setiap video.

6. Aktif Di Forum Travel

Bisnis travel yang anda jalankan sebaiknya diintegrasikan dengan komunikasi melalui banyak komunitas. Ini akan memudahkan anda untuk melakukan promosi atau mendapatkan informasi tentang dunia bisnis travel. Anda bisa memulainya dengan mengikuti banyak forum online khusus membahas bisnis travel atau kegiatan wisata. Cobalah aktif di forum itu dengan membagikan informasi terbaru atau ikut berdiskusi.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa thread khusus untuk melakukan promosi dari bisnis travel yang anda jalankan. Cara seperti ini dianggap sangat ideal dan gratis. Hal yang harus anda ingat tentu saja mengikuti ketentuan konten promosi yang akan diposting melalui forum itu.

7. Menggunakan Iklan Berbayar

Metode promosi dengan skema berbayar dianggap cukup memberikan dampak besar bagi bisnis travel anda. Namun, cara seperti ini tentu saja harus disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Pilih platform iklan berbayar yang ideal dan memberikan keuntungan cukup besar bagi anda. Beberapa platform yang bisa digunakan seperti Facebook Ads atau Google Adwords. Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang bisa diintegrasikan dengan seluruh layanan milik Facebook.

Anda bisa mempromosikan fanpage facebook anda atau postingan di facebook yang berkaitan dengan bisnis travel anda. Tentu saja biaya yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan pengaturan demografi dan target khalayak yang diinginkan. Cara seperti ini juga hampir sama pada Google Adwors.

8. Mencoba Skema Affiliasi

Promosi online lainnya adalah dengan menggunakan skema afiliasi. Metode promosi ini akan melibatkan pihak ketiga yang melakukan promosi dan anda harus membayarkan sejumlah komisi sesuai dengan kesepakatan. Pihak ketiga yang ikut dalam program afiliasi anda harus mendapatkan calon klien dalam jumlah tertentu. Selanjutnya anda harus memberikan komisi dengan perhitungan dari paket yang diambil oleh calon klien dari pihak ketiga.

Untuk menjalankan promosi ini anda harus melakukan perhitungan ideal agar pihak ketiga yang ikut dalam program afiliasi tidak dirugikan.

Semoga artikel tentang bagaimana cara promosi online untuk bisnis travel ini bisa membantu Anda khususnya untuk meningkatkan bisnis travel Anda.

You May Also Like

About the Author: Purwanto

Affiliate Marketer, Gamer dan Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *